nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stop Bercinta dengan Bukan Pasangan Sebelum Kamu Terserang Penyakit Kelamin!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 22:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 14 481 2004133 stop-bercinta-dengan-bukan-pasangan-sebelum-kamu-terserang-penyakit-kelamin-pgzdSxKtz4.png Terinfeksi HIV (Foto: Pixabay)

KASUS prostitusi online yang melibatkan artis ramai dibicarakan. Banyak masyarakat kemudian yang menyayangkan kenapa hanya artis yang diadili, perempuan lain dibiarkan. Terlepas dari polemik itu, kasus ini membuka mata kita semua bahwa ekosistem prostitusi di Indonesia masih berjalan subur. Mereka para penyedia jasa masih memiliki "stok perempuan", pengguna jasa pun makin berhamburan.

Tidak hanya itu, peningkatan pasien penyakit kelamin pun tentu akan bertambah seiring dengan seks tidak aman yang kerap dilakukan. Sekali pun penggunaan kondom menjadi barang wajib!

Baca juga:

Seperti yang ditegaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, siapa saja yang pernah melakukan hubungan seksual, terutama hubungan seksual di luar nikah walau berhubungan dengan orang bersih, atau mereka yang pernah menggunakan jarum suntik yang tidak steril atau pernah menggunakan Narkoba jarum suntik dianjurkan untuk memeriksa status HIV.

Sebab, semakin dini pasien HIV diberikan obat anti virus (ARV) semakin cepat menurunkan jumlah virus dan mengurangi potensi penularan dan tentu pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV tersebut.

"Gonta-ganti pasangan bukan merupakan budaya, tapi merupakan kebiasaan dan tentunya kebiasaan buruk. Risiko gonta-ganti pasangan bukan saja pada prianya, tapi juga pada wanita. Ketika wanita tergiur uang dan harta serta mengikuti keinginan naluri seks yang memberi uang, sebenarnya para wanita ini sudah berisiko tertular penyakit dari laki-laki sebelumnya," paparnya pada Okezone melalui WhatsApp, Senin (14/1/2019).

Begitu pula sebaliknya. Ketika si pria berhubungan dengan wanita yang mudah diraih dengan rayuan uang atau harta, laki-laki tersebut juga harus sadar bahwa mungkin saja wanita tersebut baru saja jatuh dari pelukan laki-laki lain yang belum jelas status HIV-nya. Ini harus diperhatikan!

"Ironisnya salah satu pasien saya, mantan pekerja seks komersial, pernah bercerita pelanggan orang Indonesia tidak suka pakai kondom apalagi kalau mereka bayar mahal," cerita dr Ari.

Bagi yang belum terjebak dari kebiasaan gonta-ganti pasangan, sebaiknya tidak berhubungan seks sebelum menikah dan tetap setia dengan satu pasangan. Ini bertujuan agar tidak terjebak kebiasaaan gonta-ganti pasangan yang beriko penyakit mematikan.

"Sejatinya kesenangan itu hanya sesaat, ini harus dicamkan oleh siapa pun," tegas dr Ari.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini