nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Batuk Bisa Jadi Tanda Gagal Jantung!

Pisca Azalea, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 13:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 14 481 2004143 waspada-batuk-bisa-jadi-tanda-gagal-jantung-bGJ5RTCdE8.jpg Batuk bisa jadi tanda gagal jantung (Foto: Wisegeek)

Batuk bisa terjadi oleh siapa saja baik itu anak kecil hingga orang dewasa. Sebenarnya ada banyak hal yang meyebabkan batuk. Namun, kamu jangan meyepelekan gejala dari batuk ini.

Melansir dari Verywellhealth, Senin (14/1/2019), batuk bisa menjadi tanda terjadinya gagal jantung. Memang batuk adalah cara tubuh untuk membersihkan jalan napas dan saluran bronkial, jadi masuk akal bahwa kebanyakan orang akan mengaitkan batuk dengan masalah paru-paru atau jalan napas, bukan dengan jantung. Mendengar gagal jantung tampaknya seperti sesuatu yang mengerikan bukan? namun gagal jantung bukan berarti jantung berhenti.

Gagal jantung dapat berarti bahwa kemampuan memompa jantung telah terganggu sehingga tidak bekerja secara efisien, sehingga jantung tidak mampu memenuhi semua tuntutan tubuh. Gagal jantung dapat disebabkan oleh berbagai gangguan jantung termasuk hipertensi, kardiomiopati hipertrofik, disfungsi diastolik, penyakit katup jantung, dan beberapa lainnya.

Penderita gagal jantung mungkin akan mengalami lemas, kelelahan, toleransi olahraga yang buruk, dispnea (sesak napas) yang tidak biasa saat berolahraga atau ketika berbaring, edema (pembengkakan) di pergelangan kaki, dan terkadang batuk juga.

batuk

Batuk yang disebabkan oleh gagal jantung memiliki beberapa bentuk, yakni batuk basah yang menghasilkan dahak dan disertai sedikit lendir berbusa putih atau berwarna merah muda dari darah. Batuk ini sangat umum terjadi pada orang yang menderita gagal jantung. Batuk yang disertai dengan napas yang susah juga bisa menjadi ciri batuk yang disebabkan oleh gagal jantung.

Baca Juga : Intip Potret Seksi Agnez Mo, Bikin Kaum Pria Enggan Berkedip

Jika gejala batuk sudah sampai seperti itu, ini biasanya merupakan tanda bahwa gagal jantung sudah menjadi lebih buruk. Beberapa orang yang menderita batuk jantung yang tidak terlalu parah seperti diatas mungkin menganggapnya sebagai penyebab lain dan tidak mencari bantuan medis.

Jangan sepelekan hal ini dan menunda untuk mengunjungi dokter, gejala gagal jantung kemungkinan akan menjadi jauh lebih buruk sebelum terlalu lama. Jika, teman dan orang terkasih kalian menderita gagal jantung, beri tahu mereka untuk tidak pernah mengabaikan timbulnya batuk walaupun mereka menganggapnya itu hanya batuk biasa yang cukup ringan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini