nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Derita Titi Wati Pemilik Bobot 350 Kg, Nggak Sanggup Berdiri Apalagi Jalan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 14:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 14 481 2004196 setelah-operasi-bisakah-titi-wati-berjalan-dengan-normal-jVv5a9HHIx.jpg Titi Wati (Foto: Antara)

Titi Wati mulai menjalankan beberapa perawatan untuk menurunkan berat badannya yang obesitas. Tapi setelah itu, dia bakal mengalami banyak tantangan yang dihadapi.

Salah satu hal terberat yang dihadapi adalah apakah nantinya Titi Wati bisa berjalan? Mengingat tubuhnya yang kegemukan itu membuatnya susah bergerak dan sulit jalan kaki untuk saat ini.

Tim dokter di RS Doris Sylvanus Palangka Raya bakal melakukan pembedahan bariatrik untuk Titi Wati. Tindakan tersebut fungsinya dapat menurunkan berat badannya dengan efektif.

 Baca Juga: Intip Potret Seksi Agnez Mo, Bikin Kaum Pria Enggan Berkedip

Sebelum tindakan berlangsung, menurut Spesial Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto, SpKO, Titi Wati disarankan melakukan treatment lainnya untuk menstabilkan ototnya. Selain itu, kondisi fisiknya dipersiapkan supaya lebih mudah menjalani operasi.

 

"Kondisi fisiknya harus dipersiapkan dulu supaya kuat untuk operasi, juga dengan mentalnya. Karena setelah operasi tantangannya makin berat, gaya hidup berubah juga," ujar dr Michael, saat dihubungi Okezone, Senin (14/1/2019).

Kemudian, tambah dia, setelah operasi Titi Wati bakal bisa jalan kaki jika termotivasi sejak sekarang dengan melakukan beberapa latihan. Cara ini juga mampu memberikan motivasi padanya agar berhasil hidup normal.

Baca Juga: Titi Wati Miliki Berat Badan 350 Kg, Ini Bahaya Konsumsi Air Es

"Kalau dia termotivasi dengan baik pasti bisa jalan kaki. Jangankan itu, dia sekarang sudah bisa menggerakkan badannya pelan-pelan di tempat tidur," sambung dr Michael.

Sebelum maupun sesudah operasi, tambah dr Michael, Titi Wati bisa melakukan olahraga aerobik. Aerobik adalah jenis olahraga dengan intensitas ringan, dilakukan dengan gerakan berulang-ulang untuk jangka waktu yang cukup panjang.

 Baca Juga: Seksinya Irish Bella Pakai Hot Pants, Pasti Bikin Gagal Fokus

Titi Wati paling dianjurkan untuk mengayuh sepeda, karena tangannya masih memungkinkan jadi tumpuan. Olahraga ini otomatis dapat melatih otot dan menguatkan denyut jantungnya.

 

"Kayuh sepeda bisa membuat jantung lebih kuat. Titi Wati bisa lebih baik hadapi operasi nanti, ataupun setelah operasi, dia bisa mulai terbiasa lakukan itu," terangnya.

Baca Juga: Tantangan Berat Harus Dilewati Titi Wati meski Tubuhnya Berhasil Kurus

Olahraga tersebut harus dilakukan selama 150 menit per minggu. Atau dalam sehari, Titi Wati harus melakukan selama 30 menit secara rutin.

"Olahraga ini mesti dilakukan pelan-pelan supaya bisa termotivasi dulu. Baru hasilnya akan dia dapatkan dengan maksimal lagi," tuturnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini