nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mona Ratuliu Ungkap Pola Konflik Zaman Sekarang Berbeda

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 01:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 15 196 2004964 mona-ratuliu-ungkap-pola-konflik-zaman-sekarang-berbeda-4Cw6CamR7l.jpg Mona Ratuliu dan suaminya, Indra Brasco (Foto: Instagram)

HIDUP berdampingan dengan orang lain tidaklah mudah. Ada saat-saat terjadi perbedaan pendapat karena masing-masing orang memiliki prinsip dan sudut pandang. Bila tidak dikendalikan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya pertengkaran.

Perkembangan teknologi membuat pertengkaran kini tak hanya terjadi secara langsung. Bahkan tak jarang orang ribut di media sosial maupun grup aplikasi pesan singkat. Hal ini pula yang dirasakan oleh artis dan presenter Mona Ratuliu.

Ditemui Okezone dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (15/1/2019), Mona mengungkapkan jika sekarang ini konflik yang dihadapinya dengan orang lain memiliki pola yang berbeda dari zaman dahulu.

 Baca Juga: Peran Tak Terduga Makanan dan Minuman dalam Meredakan Pertengkaran

"Dulu 'kan kita biasanya temenan cuma sama geng dari SMA. Sekarang ini kadang kita dimasukin ke sebuah grup hanya karena anaknya satu sekolah padahal enggak begitu kenal. Dari pesan di grup bisa muncul konflik karena ada perbedaan, mulai leave group, ribut-ribut," tutur Mona.

Dirinya mengatakan, hal yang membuat keributan sebenarnya bukan topik yang tengah dibahas melainkan cara menyampaikan pendapat. "Menurut aku sepanas apapun topiknya yang bikin ribut adalah cara bicara, menyampaikan pendapat yang ternyata tidak enak di hati orang lain," ungkap Mona.

 Baca Juga: Meghan Markle Keceplosan Soal Usia Kehamilan dan Jenis Kelamin sang Anak

Hal yang sama, menurut Mona, bisa terjadi ketika berhadapan dengan suami maupun anak-anak. "Dari situ kita harus belajar ternyata kadang-kadang pertengkaran yang heboh bukan karena topiknya. Ketika komunikasinya asyik, seheboh apapun topik permasalahannya justru malah bisa menjadi masukan yang seru. Kadang-kadang karena kesalahan berbicara atau mungkin karena emosi nada bicaranya jadi tinggi, di situlah pertengkaran terjadi," jelasnya.

 

Mona mengaku dirinya belajar untuk menyampaikan pendapat secara hangat. Dengan begitu pendapatnya bisa menjadi masukan yang positif buat orang lain atau diri sendiri.

"Paling berat itu menahan ego sendiri. Tapi memang kita perlu memahami teknik komunikasi yang baik untuk bicara dengan orang lain," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini