nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Simpel Dengarkan Curhatan Anak saat Beranjak Remaja

Risda Nadiva, Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 23:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 15 196 2004967 trik-simpel-dengarkan-curhatan-anak-saat-beranjak-remaja-spXqw69VvP.jpg Mona Ratuliu dan keluarga (Foto: Instagram)

Ketika anak beranjak remaja, tidak sedikit orangtua yang cemas dan khawatir dengan perkembangannya. Selain itu, anak juga rentan terhadap sesuatu yang memengaruhinya.

Orangtua juga perlu mengedukasi anaknya agar tidak terjebak dalam pergaulan yang salah. Apalagi anak remaja sedang dalam masa labil, mereka bisa saja memberontak orangtuanya karena merasa tidak bebas.

Hal ini juga terjadi pada aktris kenamaan Mona Ratuliu. Ia merasakan hal yang sama saat mengurus putrinya yang beranjak remaja. Tidak jarang ia sering menghadapi kelakuan putrinya itu. Ia mengaku jika perilaku berontak juga wajar terjadi saat masa remaja.

 Baca Juga: Masih 7 Tahun, Victoria Beckham Ajak Harper Lakukan Baby Facial

“Sebenarnya, kita kan juga pernah jadi remaja. Kesulitannya itu bagaimana kita bisa memahami kelakuannya itu,” kata Mona ketika diwawancara saat menghadiri Konferensi Pers Peluncuran Kampanye Sariwangi di bilangan Jakarta pada Selasa (15/01/2019).

Menurutnya, remaja juga identik dengan sifatnya yang menggebu-gebu sehingga membuat orangtuanya bingung, apakah itu ekspresi semangat atau sedang memberontak. Ia juga menambahkan, jika perilaku demikian karena para remaja juga belum lancar mengomunikasikan sesuatu pada orang lain. Orangtua mungkin menangkap maksud lain anaknya, padahal bisa saja anaknya sedang curhat. “Ini seperti salah paham,” jelas ibu tiga anak ini.

Mona juga menjelaskan jika para orangtua paham maksud yang diutarakan, anak juga akan merasa nyaman bercerita pada orangtuanya. Apalagi jika mereka tahu bagaimana kondisi anaknya saat remaja.

 

Adapun topik diskusi yang pas bagi anak adalah dengan mengikuti perkembangan informasi yang bisa diperoleh dari media sosial. Kemudian, pembicaraan terkait bisa dibahas bersama orang tuanya sambil mendengar opini anak. Lalu, para orangtua juga bisa menjelaskan maksud yang disampaikan.

 Baca Juga: Foto Kocak Ridwan Kamil Bergaya Rambut ala Sule, Pasti Ngakak Lihatnya!

“Dari pantauan anak terkait suatu hal, mereka memiliki point of view sendiri. Tapi, kita sebagai orangtua wajib meluruskan permasalahannya agar tidak memihak sesuatu atau seseorang,” tutur Mona.

Sementara itu, ia juga mengajarkan anaknya untuk saling toleransi sejak kecil. Caranya sangat mudah, ajak langsung anak merasakan perbedaan dari lingkungan keluarganya. Selain itu, hal kecil seperti menghargai seseorang yang membantu pekerjaan ringan di rumah.

“Kalau kita menginginkan anak bisa hidup bertoleransi, minimal kita bisa menghargai hal kecil yang dilakukan anak,” jelasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini