nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disebut Prabowo Gajinya Lebih Kecil dari Tukang Parkir, Jawaban Dokter Mengejutkan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 11:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 15 481 2004623 disebut-prabowo-gajinya-lebih-kecil-dari-tukang-parkir-ini-kata-dokter-cS4BGXTgcq.jpg Prabowo Subianto sebut gaji dokter lebih kecil ketimbang tukang parkir (Foto:Ilustrasi/Ist)

PRABOWO Subianto mengeluarkan pernyataan bombastis dalam pidato kenegaraannya, Senin malam (14/1/2019). Pernyataan ini berkaitan dengan kesejahteraan para dokter.

Dalam pernyataannya itu, Prabowo mengatakan bahwa gaji dokter sekarang belum mencapai standar sejahtera. "Sekarang banyak dokter-dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil," terangnya dalam pidato tersebut.

Baca Juga:

Vinessa Inez Gugat Cerai Ryan Deye, Intip 5 Potret Kenangan Mesranya

Setelah dianalisis, pernyataan Prabowo ini merujuk pada upah pelayanan pasien BPJS yang ternyata masih dihargai sangat minim. Dalam beberapa referensi, diketahui bahwa satu pasien BPJS, dokter hanya mendapat upah Rp2 ribu.

Menanggapi hal tersebut, Okezone coba mewawancarai seorang dokter yang bekerja di salah satu rumah sakit negeri di Jakarta. Dalam keterangannya, dia menjelaskan bahwa benar jika bicara mengenai gaji dokter di daerah masih banyak yang belum layak. Beberapa malah terbilang sangat minim.

"Dokter yang bekerja di daerah-daerah, tunjangan yang didapat kecil. Terlebih dokter puskesmas di daerah, gaji mereka itu sangat minim dan memang lebih tinggi gaji tukang parkir," terang dokter yang identitasnya dirahasiakan melalui pesan WhatsApp, Selasa (15/1/2019).

Namun, dokter ini menjelaskan bahwa bagaimana pun itu, seorang dokter memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat. Sisi moral dokter adalah bisa membantu masyarakat yang memiliki penyakit hingga mereka sembuh kembali.

Bicara mengenai sistem BPJS yang ada sekarang, dokter ini juga mengatakan bahwa sistem BPJS masih belum maksimal. Hal ini pun akhirnya berdampak bukan hanya pada dokter yang mengabdi di daerah, tapi juga di seluruh Indonesia. "Kalau BPJS ini memang kita sebagai dokter merasa kesulitan banget," paparnya.

Baca Juga:

Berkaca dari Kasus Prostitusi Online Vanessa Angel, Dokter Beberkan Fakta Penyakit Seksual!

Sementara itu, Dokter Bedah Plastik Tompi punya pendapatnya sendiri terkait kasus ini. Dalam cuitannya di Twitter yang diposting Selasa (15/1/2019) pukul 07.00 WIB, Tompi mengatakan bahwa pernyataan Prabowo keliru.

 

"Mungkin yang dimaksud Prabowo, gaji dokter lbh rendah dr tukang parkir adalah dokter yg bekerja sebagai asisten tukang parkir," begitu bunyi cuitannya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini