nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suasana Hati Langsung Gembira Setelah Minum Kopi, Ternyata Ini Alasannya

Adinda Harum, Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 15 481 2004637 suasana-hati-langsung-gembira-setelah-minum-kopi-ternyata-ini-alasannya-htriQ4HXSf.jpg Minum kopi bagus untuk kesehatan otak dan mental (Foto: Trends)

KOPI merupakan salah satu minuman favorit sebagian banyak orang bahkan minuman ini sangat populer di dunia. Tapi tahukah Anda dampak kandungan kafein bagi otak?

Melansir dari laman verywell, Selasa (15/01/19). Kafein dalam kandungan kopi dipercaya menjadi obat stimulan yang sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan mental. Ada banyak efek kafein pada otak, serta dampak psikologis loh.

Kandungan tersebut diyakini berkerja dengan memblokir reseptor neurotransmitter adenosine dan meningkatkan rangsangan di otak. Kafein juga memengaruhi neurotransmiter lain, termasuk norepinefrin, dopamin dan asetilkolin. Ini memiliki efek pada suasana hati dan kesehatan mental.

 BACA JUGA : Awas, Berteman dengan 4 Zodiak Ini Bisa Menusukmu dari Belakang

Tak hanya itu, kafein berdampak baik terhadap suasana hati Anda loh. Ini bisa meningkatkan kewaspadaan dan banyak orang menemukan bahwa kafein meningkatkan suasana hati mereka dengan meningkatkan rasa diaktifkan dan memiliki rasa puas.

 

Namun, seperti stimulan lainnya, itu juga meningkatkan kecemasan. Efek kafein pada suasana hati terkait dengan bagaimana orang mengharapkan kafein untuk membuat mereka merasa, dan dengan konteks konsumsi kafein, juga dikenal sebagai pengaturan dan pengaturan.

 

Selain itu, kafein telah terbukti meningkatkan kinerja mental pada berbagai tugas yang berbeda, termasuk kewaspadaan, waktu respons, pemrosesan informasi, dan beberapa tugas proofreading.

Tetapi jangan menganggap bahwa mengonsumsi kafein sebagai jalan pintas untuk meningkatkan kinerja Anda adalah hal yang bermanfaat. Ketika perbandingan dibuat antara orang-orang yang asupan kafein hariannya rendah (hingga 100 mg kafein per hari) dan mereka yang secara teratur mengonsumsi banyak kafein (lebih dari 300 mg kafein per hari) secara keseluruhan, mungkin tidak ada baiknya mencoba meningkatkan kinerja Anda dengan menggunakan lebih banyak kafein.

Manfaat jangka pendek yang mungkin Anda dapatkan dari kafein akan diimbangi dengan meningkatnya kecemasan saat Anda berada di bawah pengaruh kafein, dan ketika efeknya hilang, gejala penarikan dapat memperburuk proses mental yang ingin Anda tingkatkan.

BACA JUGA : Vinessa Inez Gugat Cerai Ryan Deye, Intip 5 Potret Kenangan Mesranya

Strategi yang lebih baik untuk pengguna rendah kafein, yang minum setara dengan satu atau dua cangkir kopi sehari, akan memilih kapan untuk mengkonsumsinya, dan mengatur waktu asupan kafein Anda sehingga Anda mendapatkan efek stimulan, dan bukan efek penarikan. Dan ingat, kinerja Anda juga bisa terkena dampak negatif dari kafein. So, telalu banyak mengonsumsi kopi juag tak baik untuk kesehatan walaupun itu berdampak baik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini