nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Kopi Dicampur Jamur, Ini Khasiatnya

Pisca Azalea, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 11:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 16 298 2005119 minum-kopi-dicampur-jamur-ini-khasiatnya-NwoG6zjFjQ.jpg Khasiat kopi jamur (Foto:Shared)

BAGI mereka yang menyukai kopi, tak ada kopi di pagi hari maka tak ada semangat pagi. Tapi pernahkah Anda membayangkan minum kopi dengan jamur? Memang aneh terdengarnya karena penggunaan jamur biasanya untuk masakan. Tapi nyatanya mencampur kopi dengan jamur belakangan semakin tren.

Melansir Shared, Rabu(16/1/2019), minuman yang satu ini menawarkan lebih banyak manfaat daripada secangkir kopi biasa. Gagasan tentang minuman ini bisa terasa aneh bagi sebagian orang, tapi perlu diketahui dan penting dicatat bahwa jamur telah digunakan dalam praktek pengobatan kuno, terutama di Cina, selama ribuan tahun.

Jadi apa sebenarnya kopi jamur? Ini adalah kopi biasa yang dikombinasikan dengan ekstrak jamur obat. Karena hanya beberapa jenis jamur seperti chaga, reishi, cordyceps, dan surai singa, yang diyakini memiliki sifat penyembuhan.

"Ekstrak dibuat dengan mengeringkan komponen utama jamur untuk menghasilkan ekstrak terkonsentrasi," jelas Jessica Ivey, ahli diet dan ahli gizi.

Baca Juga:

Jadian Sama Hotman Paris, Intip Potret Pakai Bikini Chef Farah Quinn

 #10YearsChallenge ala Redaksi Lifestyle Okezone, Awas Ngakak Berkepanjangan!

Tak perlu khawatir minum ini akan keracunan, karena penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa jamur mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi dan bersifat anti inflamasi, anti virus, dan membantu membersihkan hati dari racun. Ini juga seharusnya lebih baik untuk kesehatan usus dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa jamur dapat membantu mengurangi stres dengan membantu menjaga hormon seimbang, mengatur tingkat energi, emosi dan metabolisme.

Dibandingkan dengan kopi biasa, kopi jamur jauh lebih rendah kafein, jadi bagi mereka yang peka terhadap zat psikoaktif, ini menjadi kabar baik bukan?

Joanna Townsend, seorang psikoterapis berlisensi dan pelatih kesehatan holistik yang berbasis di Washington DC, mencoba kopi jamur setelah berhenti minum kopi biasa. "Saya merasa bersemangat tanpa merasa cemas, gelisah, atau mengalami detak jantung yang semakin cepat," ujarnya.

Tertarik untuk mencobanya? Walaupun kopi jamur tidak akan membahayakan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya, terutama jika Anda sedang hamil dan menyusui.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini