nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Simpan Apel di Meja Makan, Ini Alasannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Januari 2019 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 16 298 2005483 jangan-asal-simpan-apel-di-meja-makan-ini-alasannya-Lvm4dJw34m.jpg Ilustrasi (Foto: Stylecraze)

Menyimpan apel di atas meja makan mungkin bisa jadi salah satu cara terbaik untuk menghidupkan suasana rumah, atau sebagai pengingat visual supaya Anda mengonsumsi lebih banyak buah-buahan setiap hari. Namun ternyata, tindakan ini justru dapat menyebabkan apel menjadi lebih cepat membusuk daripada diletakkan di lemari es.

Menurut laporan The Daily Meal, pada suhu kamar apel hanya bisa bertahan sekitar satu minggu. Namun jika disimpan di tempat yang sejuk seperti lemari es, buah bercita rasa manis ini bisa bertahan hingga dua bulan lamanya.

Sekilas memang terdengar sepele. Apalagi masih banyak orang yang memiliki pemikiran bahwa mereka tinggal membeli makanan baru, jika makanan sebelumnya sudah tidak layak konsumsi.

Pola pikir seperti inilah yang memicu terjadinya peningkatan limbah makanan di seluruh dunia.

 Baca Juga: Resep Pancake Jerman ala Chef Farah Quinn yang Baru 'Jadian' dengan Hotman Paris

Pola pikir seperti inilah yang memicu terjadinya peningkatan limbah makanan di seluruh dunia. Itulah sebabnya sejumlah negara maju seperti Inggris diminta untuk menambahkan ikon kulkas pada kemasan apel, agar makanan tersebut disimpan di tempat yang tepat.

Lalu seperti apa tata cara menyimpan apel yang baik dan benar?

Food & Wine menyebutkan, apel harus disimpan sedingin mungkin tapi jangan sampai membuat teksturnya membeku. Idealnya, Anda harus menyimpan pada suhu -1 hingga 1,6 derajat celcius. Pasalnya, apel akan membeku jika lemari pendingin diatur pada suhu -1,6 derajat celcius.

 Baca Juga: 3 Durian Terenak dan Termahal di Dunia, Nomor 2 dari Indonesia!

Selain itu, jika Anda termasuk orang yang cenderung menyimpan buah atau bahan makanan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya lebih teliti dalam memilih varietas apel.

"Semakin kecil apel dan semakin tebal kulitnya, makan durasi penyimpanannya akan semakin lama. Saya merekomendasikan apel jenis tartar, karena lebih tahan lama dibanding jenis lainnya," tutur Norm Schultz, Manajer Pertanian di Linvalla Orchards, Penyslvania, Amerika Serikat. Demikian dilansir Okezone dari Foxnews, Rabu (16/1/2019).

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini