Oplas Hidung, Gadis Remaja Ini Merenggang Nyawa

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 16 481 2005151 oplas-hidung-gadis-remaja-ini-merenggang-nyawa-Yhn1wK5Jav.jpg Operasi plastik hidung gadis remaja meninggal dunia (Foto:Nextshark)

AKIBAT standar kecantikan yang berlaku di masyarakat, banyak orang merasa tidak pede dengan penampilannya. Istilah โ€˜beauty is painโ€™ rasanya memang benar terjadi. Pasalnya banyak orang yang rela melakukan apa saja, bahkan yang menyakiti diri sendiri, demi menjadi cantik.

Salah satu cara menyakitkan agar menjadi cantik adalah dengan melakukan operasi plastik alias oplas. Operasi plastik yang dilakukan bisa mencakup keseluruhan wajah atau hanya beberapa bagian saja yang dirasa kurang menarik.

Dilansir dari NextShark, Rabu (16/1/2019), seorang gadis berumur 19 tahun ingin menjalani operasi hidung, atau dikenal sebagai nose job, untuk memperbaiki penampilannya. Namun akibat reaksi alergi parah terhadap anestesi, remaja ini malah dinyatakan meninggal.

A 19-year-old girl who wanted to undergo rhinoplasty โ€“ a nose job โ€“ was pronounced dead from a severe allergic reaction to anesthesia.

Remaja yang diketahui bernama Xia Lisha tengah menjalani prosedur operasi hidung di rumah sakit Li Mei Kang di Guiyang, China pada 3 Januari kemarin.

Xia ditemani oleh ibunya โ€” yang hanya diketahui dengan nama marga Wang, pergi ke rumah sakit sekitar pukul 1 siang waktu setempat. Operasi ini harusnya hanya berlangsung selama beberapa jam, tetapi Xia tidak kunjung keluar sampai pukul 5 sore. Merasa khawatir, ibunya mulai menanyakan kondisi anaknya.

Operasi yang seharusnya berjalan singkat dan cepat namun menjadi lama akibat Xia yang menderita reaksi alergi langka dan parah, disebut malignant hyperthermia. Ia mengalami peningkatan detak jantung yang cepat dan demam yang sangat tinggi. Xia juga mengalami kejang otot yang parah.

Baca Juga:

Jadian Sama Hotman Paris, Intip Potret Pakai Bikini Chef Farah Quinn

#10YearsChallenge ala Redaksi Lifestyle Okezone, Awas Ngakak Berkepanjangan!

Kemudian Xia segera dipindahkan ke rumah sakit lain untuk mendapat perawatan intensif, namun tak beberapa lama ia dinyatakan meninggal.

A 19-year-old girl who wanted to undergo rhinoplasty โ€“ a nose job โ€“ was pronounced dead from a severe allergic reaction to anesthesia.

Sementara itu, ibunya, Wang, tidak diberitahu tentang kondisi putrinya hingga pukul 8 malam. Setelah tiba di rumah sakit baru ia tahu bahwa Xia sudah meninggal.

โ€œXia hanya ingin menjadi cantik, dia harusnya tidak meninggal seperti ini,โ€ ujar Wang sambil menangis.

Menurutnya, bahkan Xia sampai rela bekerja part-time untuk menabung demi membayar biaya operasi dengan harga USD3,900 atau sekira Rp55,2juta.

Ketika pihak berwenang mulai melakukan penyelidikan terhadap kasus ini, sebuah sumber orang dalam mengungkapkan kepada media bahwa keluarga Xia dan rumah sakit telah mencapai kesepakatan. Keluarga Xia dibayar lebih dari USD240.000 atau setara dengan Rp3.4 miliar sebagai kompensasi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini