nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Titik Pijat Refleksi untuk Atasi Insomnia, Dijamin Ampuh!

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 16 481 2005239 titik-pijat-refleksi-untuk-atasi-insomnia-dijamin-ampuh-YUt1GahbHl.jpg Pijat tangan untuk atasi insomnia (Foto: Youtube)

INSOMNIA atau sulit tidur merupakan suatu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Insomnia bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling umum adalah kecemasan, stres dan pola tidur yang tidak teratur.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi insomnia, misalnya meditasi, membaca buku, minum teh hangat, atau minum pil tidur. Namun ternyata, selain cara-cara itu, ada cara lain yang lebih simpel lho!

Dilansir dari TheSun pada Rabu (16/1/2019), untuk mengatasi insomnia, menggosok telapak tangan secara perlahan ternyata jauh lebih aman daripada meminum pil tidur.

Insomnia memang membuat penderitanya merasa frustasi, tapi Anda tidak harus meminum pil tidur untuk mengatasinya, menurut seorang refleksologis bernama Michele Stevens.

BACA JUGA : 5 Zodiak dengan Kesabaran Luar Biasa, Kekasih Idaman Banget!

Ketika insomnia menyerang, jangan panik

Menurut Michele, setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengatasi insomnia, yaitu pada telapak tangan kita sendiri.

Dengan menggunakan refleksologi, Michele mengatakan bahwa Anda bisa memberikan pijatan-pijatan kecil pada bagian-bagian tertentu dari tangan Anda. Hal ini bisa membantu Anda merasa lebih cepat ngantuk.

Menekan dan memegang bagian kepala ibu jari dari samping bisa membantu mengatur produksi hormon tidur, yaitu melatonin.

 

Kecemasan membuat Anda terjaga di malam hari?

Jauhkan rasa cemas dengan sedikit gerakan jempol dengan cara menekan dan menggosok ibu jari, kemudian menekan kepala ibu jari tiga kali supaya pikiran Anda menjadi jernih.

Walau tidak semua dari kita memiliki partner untuk memijat tangan kita, tetapi menekan ibu jari Anda di bagian-bagian yang tertentu di telapak tangan dapat melepaskan ketegangan yang terjadi di bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA : Lihat Perubahan Drastis 5 Orang Bertubuh Super Gemuk, Kamu Pasti Takjub!

Apa itu refleksologi?

 

Mungkin Anda merasa metode ini seperti bermain-main dengan tangan Anda, tapi sebenarnya ini adalah bagian dari metode kuno.

Michele menyebut refleksologi sebagai tombol restart untuk tubuh karena bisa membantu tubuh merasa rileks dan santai.

Refleksologi sudah ada lebih dari 5,000 tahun dan memang diketahui bahwa tangan, kaki, dan wajah Anda semuanya terhubung ke berbagai bagian tubuh.

Menekan bagian-bagian pada tangan dan kaki bisa mempengaruhi bagian tubuh lainnya dan merangsang sistem saraf serta menghilangkan penyumbatan.

Michele pun juga membagikan 5 petunjuk untuk refleksologi:

1. Kelenjar pineal (bagian otak yang mengatur hormon tidur Anda) - menggunakan ibu jari, tekan dan tahan titik ini selama beberapa detik.

2. Kepala / otak - Dengan menggunakan ibu jari, pijat area ini setidaknya 3 kali - memijat pada titik ini akan membantu menenangkan pikiran dan menjernihkan kepala.

3. Paru-paru - Dengan menggunakan ibu, pijat titik-titik ini dengan lembut beberapa kali - ini akan membantu relaksasi dan mendorong pernapasan yang lebih dalam sehingga meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

4. Diafragma - Menggunakan ibu jari, pijat telapak tangan Anda 3 kali. Mengerjakan hal ini membantu melepaskan ketegangan yang terjadi di seluruh tubuh.

 BACA JUGA : Lihat Perubahan Drastis 5 Orang Bertubuh Super Gemuk, Kamu Pasti Takjub!

5. Solar Plexus - Dengan menggunakan ibu jari, tekan dan lingkari titik ini dan tarik napas dalam-dalam saat memijatnya. Mengambil napas dalam-dalam membantu dengan relaksasi dan membantu menenangkan pikiran dan tubuh

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini