nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Stres Mana, Ikuti Debat atau Ketemu Calon Mertua?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 17 Januari 2019 20:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 17 481 2005936 lebih-stres-mana-ikuti-debat-atau-ketemu-calon-mertua-xRieTx1hrK.jpg Debat Capres 2019. (Foto: Okezone)

DEBAT Pilpres dengan penonton se-Indonesia memang akan membuat orang stres. Stres merupakan kondisi tekanan pada psikologis yang terjadi di alam bawah sadar.

Ketika mengalaminya, seseorang akan merasa resah, tidak bisa berpikir jernih dan dampak lainnya. Terkadang orang jadi susah fokus akibat stres. Meski bisa dikontrol, tapi setiap orang berbeda-beda saat mendapatkan dampaknya.

Bicara soal stres, seberapa parahkah tingkatannya, apalagi ketika berdebat? Psikolog Kassandra Putranto mengatakan, semua tergantung level debatnya dan kualitas psikologi masing-masing orang. Setiap debat juga situasinya berbeda.

Baca Juga: Ini Pacar Kapten Newcastle yang Mirip Kim Kardashian, Sama Seksinya!

"Debat mahasiswa tentu beda dengan debat caleg. Juga dengan debat presiden, debat tingkatan internasional atau lokal," ujar Kassandra saat dihubungi Okezone, Kamis (17/1/2019).

Menurut Kassandra, setiap orang biasanya punya keterbatasan pengetahuan, keterampilan, kapasitas, atau tidak terbiasa, namun ketika terus diasah dan rasa percaya dirinya tinggi, pasti bisa mengatasi suasana yang dihadapi saat debat.

Baca Juga: Menteri Agama Pakai Kaos Hitam Bertuliskan Bahasa Arab, Maknanya Mengejutkan!

Tapi berbeda halnya jika seseorang tidak menguasai materi atau materinya terlalu sulit. Pasti merasa langsung mood-nya turun, yang akhirnya sulit memaparkan penjelasannya.

Dia menambahkan, saat orang debat tingkat stresnya tidak sama dengan bertemu calon mertua kok. Sebabnya, kedekatan di antara keduanya ada sisi kedekatan yang bisa dibangun secara perlahan-lahan. "Jelas berbeda, kalau bertemu calon mertua seseorang bukan stres, tapi jantungnya berdebar-debar," pungkasnya.

(mrt)

Berita Terkait

Stres

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini