nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Ramuan Rumahan Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 15:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 18 194 2006523 4-ramuan-rumahan-ampuh-untuk-mengatasi-jerawat-C7vKoynD27.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MUNCULNYA jerawat terkadang menjadi hal yang menyebalkan bagi sejumlah orang. Maka tak heran bila berbagai cara dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari menggunakan obat atau krim dari dokter hingga mencoba ramuan rumahan.

Bagi Anda yang enggan pergi ke dokter untuk mengatasi jerawat, cobalah ramuan berikut ini seperti yang dilansir Okezone dari RTE, Jumat (18/1/2019):

1. Cuka sari apel

 

Meskipun tidak banyak orang yang suka karena rasanya asam, ramuan ini dapat membantu mengatasi jerawat. Penelitian telah membuktikan bila cuka sari apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat dan suksinat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara untuk mengaplikasikannya adalah mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan dua sendok makan air. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajah sebagai toner menggunakan kapas.

 Baca Juga: Bikin Ngiler, Salt Bae Suapi Neymar dengan Daging Iga

2. Minyak pohon teh

 

Sejak dulu minyak pohon teh merupakan obat kulit yang sudah dipercaya khasiatnya. Sebuah studi pada 2007 mengungkapkan mengoleskan minyak pohon teh ke kulit dapat secara signifikan mengurangi jerawat setelah tiga bulan.

3. Suplemen zinc

 

Tubuh tidak memproduksi zinc secara alami. Padahal zinc memainkan peran besar dalam pembelahan sel, pertumbuhan sel, dan penyembuhan luka. Melihat manfaatnya, zinc bisa dijadikan perawatan alami untuk jerawat. Maka dari itu, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti daging, kerang, polong-polongan, dan biji-bijian. Bisa juga dengan mengonsumsi suplemen.

 Baca Juga: Mengintip Pesona Istana Alhambra, Lokasi Syuting Memories of The Alhambra

4. Masker madu dan kunyit

 

Madu adalah bahan terbaik untuk kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba alami, Madu dapat membunuh mikroorganisme penyebab jerawat. Jadikan madu sebagai masker wajah dan ramuannya dicampurkan dengan parutan atau bubuk kunyit. Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurvedic dan China untuk mengobati beragam masalah kesehatan termasuk jerawat karena memiliki sifat anti-inflamasi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini