nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Enno Lerian Berbagi Tips Travelling Bawa 4 Anak

Risda Nadiva, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 10:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 18 406 2006140 enno-lerian-berbagi-tips-travelling-bawa-4-anak-XRz1MRgnY9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERLIBUR memang menjadi hal yang menyenangkan dilakukan oleh keluarga. Selain bisa menjadi sarana rekreasi sekaligus menangkan pikiran, travelling juga merupakan hobi mengasyikan.

Nah, jika orang dewasa saja perlu travelling, bagaimana dengan anak-anak? Mereka sebenarnya juga perlu diajak loh, dan ternyata juga bagus untuk perkembangan psikologis antara anak dan orang tua.

Menurut psikolog Nadya Pramesrani, travelling bisa meningkatkan kualitas hubungan keluarga. Selain bisa membatasi kesibukan pekerjaan para orang tua, kegiatan ini sekaligus menjadi refreshing.

"Usia ideal anak untuk diajak travelling antara 6-12 tahun," katanya di acara HiLo School Drawing Competition di bilangan Jakarta Pusat.

Baca Juga: Jadian Sama Hotman Paris, Intip Potret Pakai Bikini Chef Farah Quinn

Dengan mengajak anak untuk ikut travelling, mereka bisa belajar tentang adanya perbedaan budaya, kebiasaan, dan melatih kemampuan sosial serta adaptasi pada anak. Selain itu, momen travelling bareng keluarga juga bisa mempererat hubungan antara suami dan istri.

Psikolog Nadya menjelaskan jika orang tua yang merencanakan travelling, sebaiknya jangan terlalu berekspektasi tinggi. Sebab, mereka harus paham dengan mood anak yang berubah-ubah. Selain itu, kesalahan paling sering dilakukan orang tua adalah melupakan kebutuhan untuk diri sendiri.

"Nah, ada orang tua yang terlalu sibuk urus keperluan anak selama travelling, seperti harus makan. Itu bagus, tapi mereka juga sering lupa untuk makan. Jadi, kebutuhan nutrisi selama perjalanan juga penting bagi orang tuanya," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh aktris Enno Lerian. Menurutnya, jika anak ikut travelling bersama orang tua akan memberikan kesan berbeda dibanding perjalanan sebelumnya.

Baca Juga:  Ini Pacar Kapten Newcastle yang Mirip Kim Kardashian, Sama Seksinya!

"Waktu 2016 aku ajak anak travelling bareng ke Bali, bawa empat anak. Banyak banget pengalaman serunya, apalagi saat perjalanan," ucapnya ketika ditemui dalam acara yang sama.

Menurutnya, mengajak anak travelling tidak perlu destinasi yang jauh, cukup yang terdekat saja. Menurutnya, selama bepergian membawa anak, pastikan juga persediaan makanan mencukupkan, sebab anak sering rewel kelaparan di tengah perjalanan. "Aku waktu travelling, bawa makanan camilan kayak roti tawar, buah-buahan, sama susu," tuturnya.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini