Doyan Hisap Shisha? Awas Bahaya Ini Mengintai Kamu!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 19 Januari 2019 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 18 481 2006393 doyan-hisap-shisha-awas-bahaya-ini-mengintai-kamu-GrS3AY83ja.jpg Bahaya mengintai orang yang senang hisap shisha (Foto: Medicalnewstoday)

Shisha adalah alternatif lain bagi mereka yang menolak rokok konvensional. Shisha dianggap lebih modern dan kekinian.

Kenapa akhirnya shisha punya penikmatnya sendiri, salah satu alasannya adalah karena varian rasa yang ditawarkan shisha lebih beragam. Ini juga yang membuat shisha digemari kaum Hawa.

Shisha sendiri banyak dipergunakan di negara-negara Arab. Penikmatnya juga menjelaskan bahwa dengan nge-shisha tubuh menjadi lebih hangat dan ini menjadi kebiasaan yang bisa dilakukan selagi kumpul bersama dengan kerabat.

Terlepas dari shisha yang kini sudah menjadi salah satu budaya di timur tengah, Anda harus tahu juga bahwa "rokok" yang satu ini ternyata punya dampak yang berbahaya untuk kesehatan. Tidak setuju?

Dilansir Okezone dari Times of India, perdebatan seputar 'rokok vs shisha dan mana yang lebih berbahaya' tampaknya akhirnya diselesaikan dengan studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di University of California, Los Angeles.

rokok elektrik

Studi ini menemukan bahwa jika Anda merokok shisha selama 30 menit, itu sama dengan menempatkan diri Anda pada risiko mengembangkan faktor risiko kardiovaskular. Faktor-faktor risiko ini sangat mirip dengan yang dikembangkan rokok konvensional.

Temuan ini juga menjelaskan fakta bahwa satu sesi merokok shisha meningkatkan denyut jantung sebesar 16 kali per menit. Juga ditemukan bahwa shisha meningkatkan tekanan darah dan ada peningkatan yang signifikan dari kekakuan arteri, yang pada akhirnya merupakan faktor risiko utama serangan jantung.

shisha

Menurut penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh WHO, sesi merokok shisha dapat memberikan lebih dari 20 kali volume asap rokok tunggal. Terkejut? Tunggu, masih ada lagi.

Umumnya, perokok menghisap delapan hingga dua belas kepulan masing-masing 40-75 ml, biasanya merokok sekitar lima hingga tujuh menit dalam satu waktu.

Nah, pada mereka yang merokok shisha, kondisinya lebih ekstrem ternyata. Kebiasaan itu berlangsung sekitar 30-60 menit atau bahkan lebih lama, tergantung pada jumlah orang yang merokok shisha.

Maksud dari perbandingan ini ialah jika Anda mengonsumsi 1 liter shisha, itu sama saja dengan Anda menghisap 100 batang rokok konvensional! Jadi, ini malah jauh lebih parah dari yang Anda pikirkan sebelumnya bahwa shisha itu lebih baik dari rokok konvensional.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini