nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikenal Mewah, seperti Apa Tren Wisata Kapal Pesiar di Indonesia?

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 20 406 2006928 dikenal-mewah-seperti-apa-tren-wisata-kapal-pesiar-di-indonesia-PXod1ZHAiZ.jpg Geliat wisata kapal pesiar di Tanah Air (Foto:Dinno/Okezone)

 

MENDENGAR kata kapal pesiar, sepertinya masih dipandang hanya sebatas moda transportasi. Untuk fungsinya bahkan masih kalah dengan kereta dan pesawat yang menjanjikan sampai tujuan dengan cepat.

Tapi kapal pesiar punya sisi lain yang lebih menarik yang tak cuma sebagai alat transportasi. Kapal pesiar didesain dengan fasilitas yang bisa memanjakan penumpangnya dan kini hal itu jadi tren liburan yang terus tumbuh dari tahun ke tahun. Permintaan wisatawan Indonesia untuk ikut trip kapal pesiar keluar pun meningkat. 

"Jumlah orang Indonesia berlayar pada tahun 2017 adalah 46.700 wisatawan, meningkat 40,2% dari 33.200 di tahun 2016," ungkap Farriek Tawfik, Direktur Asia Tenggara, Princess Cruises di Singapura, 19 Januari 2019.

 Ini Pacar Kapten Newcastle yang Mirip Kim Kardashian, Sama Seksinya!

Dari data tersebut, tercatat jumlah wisatawan asal Indonesia hanya 1,2 persen. Hal itu berarti potensi wisata kapal pesiar di Indonesia masih sangat besar.

Selain minat wisatawan Indonesia, faktor lain yang memengaruhi peningkatakan jumlah wisatawan Indonesia liburan dengan kapal pesiar adalah faktor ekonomi.

 

Berdasarkan data dari Euromonitor Internasional, Indonesia memiliki kelas menengah keempat terbesar di dunia dengan 19,6 juta rumah tangga pada 2016. Angka tersebut bahkan diperkirakan akan meningkat menjadi 23,9 juta pada 2030.

Kelas menengah yang tumbuh pesat dan meningkatnya kekayaan konsumen di Indonesia, hal tersebut menciptakan peningkatan permintaan untuk liburan mewah di luar negeri.

 Baca Juga:


Bintang Porno Ikutan 10 Years Challenge, Nomor 2 Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri!

Lebih lanjut, rata-rata usia wisatawan kapal pesiar dari Indonesia adalah 42 tahun. 28% diantaranya berusia 20-39 tahun. Hal tersebut jadi pertanda adanya peningkatan wisatawan generasi Milenial yang memilih kapal pesiar sebagai destinasi liburan.

 

"Rata-rata masyarakat Indonesia itu berlayar selama 4 hari. Destinasi favoritnya pun hampir 70% memilih rute di kawasan Asia," tambahnya.

Kawasan Asia yang dimaksud adalah sejumlah negara yang memiliki pelabuhan cantik untuk kapal pesiar. Berangkat dari Singapura dan berlayar ke pelabuhan seperti Phu My & Nha Trang (Vietnam), Penang, Langkawi, Port Klang (Malaysia), Phuket, Koh Samui (Thailand) hingga Sihanoukville di Kamboja.

"Untuk rute jangka pendek memulai perjalanan dari Singapura, negara tetangga jadi favorit orang Indonesia. Jangka panjangnya Alaska dan Kanada jadi favorit, setelah itu baru Eropa dan Mediterania," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini