Minum Air Dingin Tak Baik Bagi Kesehatan, Bagaimana Jika Hangat?

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 03:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 20 481 2006805 minum-air-dingin-tak-baik-bagi-kesehatan-bagaimana-jika-hangat-U5fiSzqfkN.png Ilustrasi. (Foto: Reuters)

MUSIM hujan memang membuat tubuh butuh imunitas ekstra. Udara dingin dan hujan yang bisa turun tiba-tiba saat sedang beraktivitas di luar ruangan, tentu saja dapat mengganggu daya tahan tubuh.

Memang, banyak makanan dan minuman yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah vitamin C. Tapi, yang tidak kalah penting adalah jangan lupa mengonsumsi air putih setiap hari.

“Kuncinya kalau memang enggak bisa konsumsi suplemen secara rutin minum air putih dalam jumlah cukup. Tapi air putih seperti apa? Air putih yang bersuhu normal, tidak disarankan meminum air es," ungkap dr Suci Sutinah Diah Suksmasari.

Baca Juga: Berobat Pakai BPJS Kesehatan Gak Gratis Lagi

"Kalau infused water tidak masalah yang penting jangan dingin,” tambahnya.

Dijelaskan olehnya, air dingin membuat perubahan yang ekstrem pada suhu di dalam tubuh. Terutama bila dikonsumsi pagi hari setelah bangun tidur. Pasalnya, saat tidur tubuh berada dalam kondisi netral.

Karenanya, apabila bangun tidur langsung mengonsumsi air es, baik itu yang diberi es batu maupun yang berasal dari dalam kulkas, maka bisa membuat tubuh kaget.

Dokter yang akrab disapa Tina itu menyarankan untuk selalu meminum air yang suhunya tidak jauh berbeda dengan suhu ruangan. Bila airnya dalam kondisi hangat juga tidak masalah. "Kalau air hangat kan dipanaskan. Ada satu hal yang belum terpikirkan oleh masyarakat yaitu mengenai radikal bebas,” jelasnya.

Baca Juga: Bintang Porno Ikutan 10 Years Challenge, Nomor 2 Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri!

Dirinya mengatakan jika di dalam mesin pendingin bisa saja terjadi radikal bebas. Apabila mengonsumsi minuman yang didinginkan dari mesin pendingin, maka racun tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Padahal radikal bebas dapat menurunkan daya tahan tubuh dan memicu terjadinya penyakit.

“Penelitian memang belum ada tapi banyak ahli yang mengatakan efek minum air dingin dari mesin pendingin tidak bagus. Termasuk karena perubahan suhu yang cukup ekstrem itu,” pungkas dr Tina.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini