nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Latihan Peregangan Ampuh Hilangkan Stres

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 13:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 20 481 2006899 4-latihan-peregangan-ampuh-hilangkan-stres-XWdRZ2vjCR.jpg Latihan perengangan untuk atasi stres (Foto:Ist)

 

KETIKA menghadapi masalah, tingkat kecemasan dan stres seseorang akan bertambah. Bahkan dirinya bisa menyalurkan perasaan tersebut dengan emosional. Seorang influencer kebugaran, Danette May memiliki kiat untuk meredakan stres yang tak hanya bermanfaat bagi pikiran tetapi juga untuk tubuh.

Cara meredakannya adalah dengan melakukan beberapa gerakan. Gerakannya cukup sederhana dan mudah dilakukan tapi memberikan dampak positif untuk meredakan kecemasan serta stres. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum Okezone dari Health :

Baca Juga

Selain Puput Nastiti Devi, 5 Polwan Cantik Ini Bikin Kamu Minta Dipenjara di Hatinya

Ini Pacar Kapten Newcastle yang Mirip Kim Kardashian, Sama Seksinya!

Peregangan glutes

Untuk meregangkan tubuh, duduklah di atas matras dan silangkan satu kaki ke atas kaki lainnya sambil memeluk lutut. Guna memperdalam peregangan, berbaringlah telentang dan bawa lutut kiri tegak lurus ke tubuh sementara kaki kanan disilangkan. Tahan gerakan ini selama 10-15 detik. Gunakan tangan untuk menggerakkan lutut kanan dengan lembut dan menegaskan kembali pada diri sendiri, "Aku cinta diriku."

 

Peregangan punggung bawah

Untuk melepaskan ketegangan, berbaringlah telentang dan tarik lutut ke dada. Gulung tubuh ke posisi duduk sambil tetap memeluk lutut dalam gerakan kursi goyang. Lakukan 10 pengulangan sambil mengatakan, "Saya aman dan didukung."

Peregangan hamstring

Gerakan ini diawali dengan duduk di lantai, kemudian tekuk satu kaki dan tahan. Sementara kaki yang satunya dibiarkan begitu saja sambil memanjangkan tubuh untuk merasakan peregangan. Taha selama 10-15 detik kemudian tekuk pula kaki yang satunya. Sambil melakukan gerakan ini, katakan pada diri sendiri, "Saya hidup dalam kebebasan."

 

Peregangan dada

Terakhir adalah gerakan untuk meregangkan wilayah latektor. Tak bisa dipungkiri, saat merasa cemas dan stres, dada seseorang bisa terasa sangat menyesakkan. Untuk melegakannya, lakukan peregangan dada yang diawali dengan berdiri menggunakan kedua tangan tergenggam yang berada di belakang punggung. Bergantian bersandar ke depan, rentangkan tangan dari punggung, dan berdiri tegak. Sambil melakukan gerakan ini katakan, "Aku hidup dalam kekuatanku." Kata-kata tersebut dapat membantu membuka hati menjadi lebih tegar.

(ndr)

Berita Terkait

Stres

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini