nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Busana Muslim Wanita Harganya Bisa Sangat Mahal?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 11:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 21 194 2007179 kenapa-busana-muslim-wanita-harganya-bisa-sangat-mahal-sDLFDxVa3Y.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SADAR atau tidak busana muslim wanita biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan busana biasa. Meski demikian, peminat busana muslim tersebut masih tetap banyak.

Hal ini tentunya berkaitan dengan tren muslimah di Indonesia yang semakin pesat. Indonesia sendiri punya mimpi bisa menjadi kiblat Modest Fashion Dunia di 2020.

Hijabers di Indonesia pun jumlahnya semakin banyak. Mereka pun mulai mengikuti trend fashion, para produsen busana muslim wanita harus terus memproduksi koleksi busana yang kekinian tapi tetap sesuai dengan syariat Islam.

Dijelaskan CEO SHAFIRA Feny Mustafa, sebetulnya ketika busana muslim itu mahal, biasanya sejalan juga dengan kualitas yang diberikan.

Baca Juga: Istri Meninggal Dunia, Ustadz Maulana: Dia Sosok Siti Khadijah, yang Rela Memberikan Hartanya!

"Pemilihan bahan, kemudian dari segi desain, dan dari segi jahit, brand kami itu setiap bulan biasanya mengadakan meeting internal untuk menentukan produk ini layak atau tidak untuk diproduksi. Bahan oke, design oke, harga oke, produksi," paparnya pada Okezone.

Lebih lanjut Okezone coba mewawancarai Head of Designer SHAFIRA Shetyawan. Menurutnya, yang membuat busana muslim wanita mahal itu bisanya material yang dipergunakan.

"Mahal, basicnya aja busana konvensional itu 2 sampai 3 meter. Sedangkan, kalau busana muslimah itu 5 sampai 7 meter jika lengkap dengan hijab syar'i," ungkapnya di momen yang sama.

Itu dari pemakaian bahan. Shetyawan melanjutkan, apalagi jika satu kain itu harganya Rp 1,5 juta, ya, tentunya akan menentukan harga dari busana yang bakal dibuat dan dipasarkan. "Dari satu kain yang mahal itu, belum lagi penggunaan kain polosan, dan jika ditambah dengan kristal, ya, harga Rp 15 juta itu sangat mungkin terjadi," tambahnya.

Baca Juga: Selain Puput Nastiti Devi, 5 Polwan Cantik Ini Bikin Kamu Minta Dipenjara di Hatinya

Selain itu, penggunaan bahan seperti sutra Garut dan kristal swaroszki bisa menentukan mahal atau tidaknya pakaian muslimah ini. Lebih lanjut, detail yang biasanya dikerjakan secara handmade pun bisa menaikan harga.

"Tapi, yang menentukan mahal atau tidaknya, ya mungkin pada akhirnya brand. Namun, proses pembuatan juga menjadi faktor penentu busana muslimah bisa mahal," tambah Shetyawan.

Di sisi lain, kuantiti produk juga menjadi penentu busana tersebut bisa sangat mahal. "Iya, jadi, semakin sedikit busana itu dibuat di pasaran, ya, tentu harganya juga akan sangat premium," sambungnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini