nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saat Supermoon Berlangsung, Umat Islam Diimbau Baca Doa Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 21 196 2007318 saat-supermoon-berlangsung-umat-islam-diimbau-baca-doa-ini-ZsdaHVKGAe.jpg Fenomena Supermoon (Foto: Timesofindia)

Supermoon diperkirakan terjadi malam ini, Senin (21/1/2019). Fenomena bulan sempurna ini menjadi momen yang bakal dinantikan banyak orang di seluruh dunia.

Indonesia menjadi salah satu lokasi yang memperlihatkan fenomena ini. Supermoon atau fenomena bulan sempurna biasanya akan memancarkan cahaya bulan yang lebih terang dari biasanya. Hal ini yang kemudian membuat beberapa bayi akan terjaga lebih panjang malam ini. So, orangtua siap-siap begadang!

Terlepas dari hal itu, bagaimana kemudian umat Muslim menyikapi hal ini? Apakah ada ibadah khusus yang dilakukan saat Supermoon muncul?

Khusus pada Okezone, Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin menjelaskan bahwa tidak ada dalil yang mengharuskan umat Muslim melakukan ibadah khusus terkait fenomena Supermoon. "Jadi, dapat dijelaskan bahwa tidak ada ibadah apa pun yang dilakukan saat Supermoon ini berlangsung," katanya saat diwawancarai Okezone, Senin (21/1/2019).

gerhana bulan

Ustadz Fauzan melanjutkan, Supermoon itu adalah fenomena alam biasa yang terjadi karena posisi Bulan dekat dengan Bumi. Hal ini yang kemudian berakibat pada terjadinya gelombang pasang pada air laut. Karena hal tersebut, Ustadz Fauzan lebih mengharapkan agar masyarakat dihimbau untuk hati-hati, terutama mereka yang ada di sekitar pantai dan diusahakan untuk tetap tenang.

Terkait dengan dampak Supermoon yaitu terjadinya gelombang pasang air laut, Ustadz Fauzan menghimbau kepada semua Umat Islam untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT. Doa yang dianjurkan adalah doa tolak bala yang berbunyi;

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya:

"Ya Allah! Angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang."

Versi lainnya sebagai berikut;

اللهم ادفع عنا الغلاء والوباء والفخشاء والمنكر والسيوف المختلفة والشدائد والمحن ما ظهر منها وما بطن من بلدنا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة انك على كل شيئ قدير

Artinya :

“Ya Allah Tuhan kami, hindarkanlah kami dari malapetaka, bala’ dan bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang berankea, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu."

Wallahu a'lam.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini