nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Keteladanan Khadijah, yang Disebut Ustadz Maulana Ada pada Mendiang Istrinya

Salma Nafisa, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 17:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 21 196 2007398 4-keteladanan-khadijah-yang-disebut-ustadz-maulana-ada-pada-mendiang-istrinya-veo8kt6bpu.jpg Sifat Siti Khadijah yang bisa diteladani (Foto:Ilustrasi/Ist)

KISAH cinta Nabi Muhammad SAW dan Siti Khadijah menjadi sebuah contoh bagi umat Islam. Sebab bukan hal mudah menjadi pasangan seorang rasul, tentu saja kehadiran Siti Khadijah di tengah perjuangan Nabi Muhammad SAW sangatlah spesial.

Siti Khadijah bisa disebut menjadi istri idaman karena ketaatannya kepada Rosul dan Alloh. Beliau juga seorang wanita yang cerdas, patuh, saleh, dan murah hati. Sosok Khadijah ini disebut oleh Ustadz Maulana ada pada mendiang istrinya yaitu Nur Aliyah. Ustadz Maulana menyebutkan bahwa sang istri merupakan sosok istri yang sholeha dan juga murah hati kepada sesama. Ustadz menyebut sang istri kerap menggunakan hartanya untuk beramal.

Baca Juga:

Istri Meninggal Dunia, Ustadz Maulana: Dia Sosok Siti Khadijah, yang Rela Memberikan Hartanya!

Saat Supermoon Berlangsung, Umat Islam Diimbau Baca Doa Ini

Sikap-sikap Siti Khadijah ini memang patut diterapkan agar menjadi istri yang teladan. Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019) berikut sikap teladan Siti Khadijah.

1. Istri yang taat pada suami

Mengapa Siti Khadijah melabuhkan hatinya pada Baginda Rosul? Sementara Rasulullah saat itu tidak memiliki kekayaan sebanyak pria-pria yang melamar Siti Khadijah. Hal ini karena Siti Khadijah melihat sosok berakhlak mulia pada diri Rasulullah SAW.

Tugas seorang istri adalah mendampingi sang suami, inilah yang dipahami Siti Khadijah ketika menjadi istri Rosul. Meski memiliki kekayaan dan nama besar keluarga, namun Siti Khadijah tidak mengurangi rasa hormatnya kepada Rosul sebagai sang suami.

 https: img.okeinfo.net content 2019 01 21 196 2007117 istri-meninggal-dunia-ustadz-maulana-dia-sosok-siti-khadijah-yang-rela-memberikan-hartanya-EySjNd2DNe.jpg

2. Wanita yang shalehah dan teguh

Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa sebaik baik perhiasan adalah wanita shalihah benar ada pada diri sang istri, Siti Khadijah.

Keteguhannya dalam menjaga kesucian hati dan akhlaqnya, menjadi istri sekaligus seorang Ibu dengan tetap menjaga keshalehan adalah surga yang telah Allah janjikan kepada beliau.

Siti Khadijah juga adalah wanita pertama yang memeluk agama Islam, dan Khadijah juga selalu menguatkan Rasulullah serta selalu ada bersamanya sepanjang perjalanan dakwah. Sehingga tidak heran jika Rasulullah SAW amat mencintai beliau karena keshalehannya.

3. Wanita yang rela berkorban

Dari awal pernikahan Siti Khadijah banyak mengeluarkan hartanya demi menjunjung tinggi agama Islam dan mendukung dakwah Nabi Muhammad SAW. Meski menderita sepanjang hidup dan kehilangan kekayaan setelah wahyu dimulai pada suaminya, penghormatan Khadijah terhadap suaminya tidak pernah goyah. Beliau tetap menjadi pilar kekuatan bagi Rasulullah hingga akhir hidupnya.

4. Wanita yang ulet dan mandiri

Dalam menjalankan bisnisnya, Siti Khadijah terkenal sebagai saudagar yang ulet dan cerdas. Maka tidak heran, ia begitu disegani oleh orang-orang disekitarnya.

Keuletan itu jugalah yang menempa dirinya menjadi pribadi yang mandiri tegas. Hal ini membuat rekan bisnisnya menjadi segan dan menghormatinya.

Itulah beberapa sikap teladan Siti Khadijah yang bisa menjadi inspirasi wanita modern, semoga kita para muslimah bisa meneladani sikapnya dan mengajarkannya kepada anak-anak perempuan kita.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini