nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulilk Pesona Kampung Ahok di Bangka Belitung

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 02:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 21 406 2007486 mengulilk-pesona-kampung-ahok-di-bangka-belitung-syOaFnWKFa.jpg Pantai Uber di Bangka Belitung (Foto:Instagram)

SEMUA orang tentu setuju bahwa Bangka Belitung merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Saking indahnya, muncul berbagai candaan yang sering diucapkan masyarakat, salah satunya, "Tuhan Sedang bahagia ketika menciptakan Bangka Belitung,".

Setuju atau tidak, ungkapan ini sebetulnya benar-benar menggambarkan kondisi Bangka Belitung yang sesungguhnya. Ingin menikmati suasana pantai yang masih asri dan memesona? Datang saja ke Bangka Belitung. Ingin mencicipi kuliner-kuliner tradisional lezat? Bangka Belitung adalah jawabannya.

Baca Juga:

 6 Zodiak yang Diramal Bakal Tajir Melintir di 2019

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Okezone, Selasa (22/1/2019), Bangka Belitung memiliki lebih dari 400 pulau, namun yang berpenghuni hanya puluhan pulau saja.

Nah, sebagai daerah kepulauan, tentu tak mengherankan jika Bangka Belitung memiliki banyak pantai yang indah. Sebagian besar di antaranya bahkan masih berstatus 'perawan' atau belum terjamah oleh wisatawan.

Meski belum diketahui secara pasti total pantai yang tersebar di Provinsi Bangka Belitung, namun saat ini sudah ada beberapa pantai yang menjadi incaran para wisatawan.

Pantai Tenggiri

Sebut saja Pantai Parai Tenggiri yang jaraknya sekitar 40 km dari Kota Pangkal Pinang. Daya tarik ini pantai ini adalah warna air lautnya yang terlihat hijau tosca dan jernih. Tidak hanya itu, struktur tanah Pantai Tenggiri juga terbilang landai dengan ombak yang tidak terlalu besar, menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi yang pas untuk sekadar bersantai sambil bermain air di pinggir pantai.

 (Foto:Ig/mashasann_)

Pantai Matras

Selanjutnya ada Pantai Matras yang berlokasi di Desa Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Di tempat ini wisatawan akan disambut oleh air laut berwarna hijau dengan langit biru yang begitu memesona. Keistimewaan pantai ini juga terletak pada pasir putihnya yang lembut dan bersih dengna gugusan batu granit.

 (Foto:Ig/haryadi_rozali)

Pantai Teluk Uber

 

Setelah puas bermain air dan mengambil foto selfie di Pantai Matras, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Teluk Uber. Pantai ini menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk menikmati senja dan matahari tenggelam.

(Foto:Ig/haryantothomas)

Baca Juga:

  Viral #ChatKeluarga Recehkan Jagat Maya, WhatsApp dari Orangtua Buat Netizen Ngakak

Kampung Ahok

Selain pantai, Bangka Belitung juga menyuguhkan beragam aktivitas wisata yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Kampung Ahok.

Kampung Ahok terletak di Gantong, Kabupaten Belitung Timud, Bangka Belitung. Disebut demikian karena objek wisata ini memang berada di kampung halaman mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Untuk mencapai ketempat ini, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit dari Tanjung Pandan.

 

 (Ig/d3_wi15)

Di tempat ini, Anda bisa melihat secara langsung replika rumah keluarga besar Ahok yang dibangun sejak 1924. Rumah tersebut terlihat begitu unik karena dibangun sesuai dengan adat Belitung yakni, sebuah rumah panggung dengan interior tradisional berwarna cokelat kayu.

Di dalam rumah ruangan, wisatawan akan melihat sejumlah perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, dan bingkai-bingkai foto Ahok dan keluarga. Ada juga gambar karikatur Ahok dari masyarakat yang dibingkai cantik lalu ditata rapi.

Nah, bagi wisatawan yang perutnya sudah keroncongan, Anda bisa mencicipi camilan khas seperti kue basah, kue kering, dan keripik, yang telah disediakan di atas meja. Sebelum pulang jangan lupa membeli oleh-oleh berupa souvenir, atau kerajinan tangan lainnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini