nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Film Korea, Pria Disabilitas Ini Sukses Jadi Desainer

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 03:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 22 194 2007996 gara-gara-film-korea-pria-disabilitas-ini-sukses-jadi-desainer-Q08Tgp2OOW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP manusia diberkati dengan segudang keahlian dan berkat dari Tuhan. Meskipun, ada beberapa orang yang tidak beruntung dan harus terlahir tidak sempurna.

Mereka yang memiliki kekurangan pun tidak sepatutnya menyesali bahkan marah dengan keadaan. Sebab, percayalah bahwa Tuhan menciptakan manusia tidak hanya memberikan penderitaan, tapi ada kebahagiaan yang besar.

Hal ini diamini Rahmat Hidayat. Kakinya memang tidak sempurna, pun kedua tangannya yang berkembang tidak sewajarnya. Cap anak disabilitas melekat di dirinya sudah 25 tahun. Tapi, Rahmat tidak putus asa. Dia sadar betul bahwa Tuhan Maha Baik dan itu dia buktikan sendiri dari pengalaman hidupnya.

"Saya sudah suka menggambar komik dan kartun itu sejak kecil. Kesukaan ini membuat saya sadar bahwa bakat ini adalah kelebihan yang saya miliki," katanya pada Okezone.

Baca Juga: Wu Chi-yun, Pendaki Gunung Berbikini Tewas Setelah Jatuh ke Jurang

Pria kelahiran 12 Januari 1994 itu menjelaskan bahwa dirinya mulai menyukai dunia fashion setelah dirinya menyaksikan serial Korea berjudul "King of Fashion". Menurutnya, serial Korea itu menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan membuat mimpinya sebagai designer bukan sekadar isapan jempol.

Rahmat punya mimpi yang besar dalam dirinya. Dia ingin menjadi designer yang hebat, punya butik, dan yang paling penting adalah bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Selain itu, Rahmat juga bermimpi bisa berkolaborasi dengan designer papan atas Indonesia.

 

Nama-nama seperti Anne Avanty, Ivan Gunawan, Barli Asmara, dan Eko Tjandra menjadi idola dalam hidupnya. Mereka yang membuat Rahmat yakin bahwa mimpinya itu bisa terwujud. Mereka-mereka juga yang memberi rasa pada setiap desain koleksinya yang sekarang jumlahnya sudah lebih dari 100 baju.

"Kalau ditanya ingin berkolaborasi, ya, ingin banget. Mereka juga yang membuat saya semangat dalam membuat gambar baju," katanya lantas tersenyum.

Perlu Anda ketahui, Rahmat sudah pernah bertemu dengan Anne Avanty. Peristiwa ini bisa terjadi saat desainer yang biasa disapa Bunda Anne itu hadir di Bandung. Rahmat berkesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan Bunda Anne. Ada pesan yang disampaikan Bunda Anne yang masih diingat Rahmat.

Baca Juga: Wu Chi-yun, Pendaki Gunung Berbikini Tewas Setelah Jatuh ke Jurang

"Bunda mengatakan bahwa jangan pernah menyerah, harus yakin sama Tuhan bahwa semua mimpi yang kita punya akan terwujud suatu hari nanti," kata Rahmat menuturkan ulang pesan Bunda Anne yang menurutnya sangat berkesan.

Tidak hanya itu, salah satu gambar Rahmat pernah terealisasi. Hal ini berkat kerjasamanya dengan Designer Eko Tjandra. Berdasar kisah Rahmat, dia berkesempatan untuk bertemu Eko dan desainer itu merealisasikan gambarnya. Hal yang membuatnya lebih bahagia adalah busana tersebut dipakai Penyanyi Soimah.

Designer disabilitas ini mengaku bahwa tidak pernah belajar fashion secara langsung. Pendidikan formal pun tidak pernah dia dapatkan. Jadi, kemampuan dia dalam menggambar itu muncul secara otodidak. Semuanya terjadi begitu saja. Ya, mungkin ini bisa terjadi juga karena keyakinan Rahmat pada mimpi dan tujuan mulia hidupnya.

Rahmat pun punya harapan khusus untuk masa depan dan harapan untuk teman-teman disabilitasnya. "Harapan saya ke depannya, saya ingin mempunya butik, ingin bisa jadi desainer kebanggaan Indonesia," ucapnya.

Rahmat melanjutkan, dirinya juga punya sedikit kalimat penyemangat untuk teman-teman disabilitas di luar sana.

"Teman-teman, saya berharap kalian jangan pernah malu dengan keadaan. Percayalah bahwa Tuhan memberikan kita kekurangan, pasti memberikan juga kelebihan. Gapai mimpi setinggi-tingginya sampai mimpi itu tercapai," sambungnya sedikit haru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini