nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Pelaku Paedofilia Identik dengan Lelaki?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 06:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 22 196 2008026 benarkah-pelaku-paedofilia-identik-dengan-lelaki-KEODHJd7mK.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Pelaku paedofilia sering dihubungan dengan lelaki. Tapi apa benar penyimpangan masalah seksual itu cuma dihadapi mereka saja?

Paedofilia termasuk penyimpangan seksualitas seseorang yang lebih tertarik kepada anak kecil. Penyebabnya sendiri sebenarnya tidak terlalu jelas, meskipun diduga kuat karena kelainan biologis seperti ketidakseimbangan hormon.

Dampaknya dapat menyebabkan gangguan di beberapa individu. Namun faktor biologis juga belum terbukti sebagai penyebab.

 Baca Juga: 6 Cara Mencegah Kanker Usus, Penyakit yang Diderita Istri Ustadz Maulana

Psikolog Meity Arianty mengatakan, dari beberapa kasus paedofilia, tampak ada ketertarikan antara masa lalu seorang paedofilia tersebut dengan aktivitas seksualnya. Ada juga penelitian terkait masalah ini, sampai menghantui banyak kalangan.

 

"Beberapa penelitian menunjukkan, anak laki-laki yang mengalami pelecehan seksual lebih cenderung menjadi paedofilia atau pelanggar seks," tutur Mei saat dihubungi Okezone, Senin (22/1/2019).

Sementara itu, sambung dia, anak perempuan yang mengalami pelecehan seksual, lebih sering terlibat dalam perilaku merusak diri sendiri. Misalnya kasus prostitusi atau penyalahgunaan zat terlarang.

 Baca Juga: Kasus Guru Cabuli 34 Murid di Bandung, Benarkah Pria Kidal Cenderung Pedofil?

Menyoal pelaku pedofilia apakah benar identik dengan lelaki, Mei tidak membenarkan. Dia menyebutkan, perempuan dewasa juga bisa terlibat hal yang sama, tapi memang jarang terekspose.

"Maka jawabannya bisa dua-duanya, namun yang paling banyak adalah laki-laki dewasa," tuturnya.

Kemudian, lanjut Mei, kalangan orang menjadi korban pelecehan seksual paedofilia ini apakah anak laki-laki atau perempuan, jawabannya sama. Tapi paling banyak korbannya, lagi-lagi kalangan anak laki-laki.

"Catat, pelaku paedofilia biasanya bukan orang asing bagi anak-anak yang menjadi korban. Melainkan mereka punya akses untuk berinteraksi secara intens dengan si anak," pungkas dia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini