nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan-Jalan di Jawa Timur, Berapa Juta yang Dihabiskan Wisatawan Asing dalam Sehari?

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 22 406 2007858 jalan-jalan-di-jawa-timur-berapa-juta-yang-dihabiskan-wisatawan-asing-dalam-sehari-A0aN3mrUzz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KAWASAN Jawa Timur kedatangan lebih dari 830 ribu wisatawan tahun lalu. Menariknya, dalam sehari satu orang wisatawan ditaksir menghabiskan uang lebih dari USD95 atau Rp1,42 juta untuk liburan.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, tahun 2018 sebanyak 630.968 wisatawan mancanegara berlibur ke sana. Mereka berasal dari Malaysia, Singapura, dan Tiongkok.

Biasanya, wisatawan mancanegara menghabiskan waktu untuk menikmati alam dan kebudayaan khas Jawa Timur selama 6 hari. Dalam sehari, mereka menikmati atraksi, aksebilitas, amenitas (3A) dengan mudah.

Baca Juga: Wu Chi-yun, Pendaki Gunung Berbikini Tewas Setelah Jatuh ke Jurang

Image result for wisatawan shutterstock, okezone

Kepala Disparbud Provinsi Jawa Timur Sinarto mengatakan, kalau dilihat dari kebiasaan wisatawan mancanegara bisa menghabiskan uang sebesar USD573,19 atau setara Rp8,59 jutaan. Ternyata banyak kebutuhan yang diinginkan, dari sisi akomodasi dan belanja.

"Wisatawan mancanegara menghabiskan uang itu untuk menginap, kendaraan saat liburan, kulineran sampai dihabiskan untuk belanja handy craft," ungkap Sinarto ditemui di Graha Wisata Disbudpar Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Selasa (22/1/2019).

Sementara itu, mereka kerap mengincar wisata alam saat datang ke Jawa Timur. Destinasi incarannya antara lain, Banyuwangi, Sumenep, Bromo Tengger Semeru, sampai Bondowoso.

Baca Juga: 5 Tampilan Tyas Mirasih Pakai Rok Mini, Seksinya Kebangetan!

Pastinya, pemerintah menyambut baik kedatangan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur. Agen travel pun diutus untuk memberikan pelayanan dengan baik kepada para turis tersebut.

"Kita tetap gandeng agen travel untuk promosi wisata. Selain itu, atraksi wisata juga sudah disiapkan dari berbagai kategori, seperti wisata alam, budaya dan buatan," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini