nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Ini Bahayanya Pegang Ponsel Terlalu Lama!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 22 481 2007927 waspada-ini-bahayanya-pegang-ponsel-terlalu-lama-uQ9glJUlif.jpg Bahaya mengintai terlalu lama pegang ponsel (Foto: Thedaily)

Sudah berapa lama Anda menggenggam ponsel sampai detik ini? Jika sudah lebih dari satu jam, kesehatan tangan Anda perlu dikhawatirkan.

Fakta menjelaskan bahwa terlalu lama menggenggam ponsel akan memengaruhi kesehatan sendi tulang tangan Anda. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan cedera pada tangan.

Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Sub-spesialis Spine dr Phedy, SpOT-Spine, ini terjadi karena perubahan kebiasaan.

Tidak bisa dipungkiri kalau anak zaman now itu adalah generasi menunduk dan itu juga yang membuat bagian-bagian tubuh seperti leher dan punggung sering mengalami nyeri.

"Ini berkaitan dengan ergonomi atau posisi kita melakukan suatu kegiatan. Salah satunya adalah saat tangan Anda terlalu lama mengetik atau menggenggam ponsel dengan durasi yang lama," papar dr Phedy pada Okezone saat ditemui di RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta, Senin 21 Januari 2019.

main

Perlu diketahui, tangan Anda bisa merasa nyeri atau pegal jika sudah terlalu lama "bermain" dengan ponsel, karena bantalan yang ada di persendian terlalu lama terbebani. Kalau diabaikan, bantalan ini bisa menipis dan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Nah, untuk bisa meminimalisir risiko ini, dr Phedy menyarankan untuk sebisa mungkin tidak menggenggam ponsel lebih dari 15 atau 30 menit paling lama. Kalau sudah di durasi waktu tersebut, usahakan untuk melepaskan ponsel dan lakukan peregangan otot.

"Ini dilakukan agar saraf di tangan tidak tegang. Anda mesti catat, saraf itu tercipta bukan untuk diam tetapi bergerak, makanya jangan biarkan tangan diam saja memengang ponsel," terangnya.

dr Phedy melanjutkan, untuk posisi memegang ponsel, sebaiknya tidak terlalu miring atau maksimal 15 derajat kemiringannya. Dengan begitu, usahakan posisi tangan itu lurus atau kalau bisa malah lebih tinggi.

"Intinya, jangan sampai gerakan sendi tangan terlalu miring karena gerakan ini yang kemudian membuat bantalan di sendi tangan menjadi menipis dan menjadi sumber masalah di kemudian hari," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini