nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pedofil Beda dengan Predator Anak, Kenali Ciri-Cirinya

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 04:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 22 481 2008035 pedofil-beda-dengan-predator-anak-kenali-ciri-cirinya-n4U0oLsLS2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUS pedofil di Indonesia cukup banyak jumlahnya, bahkan beberapa hari kemarin kembali terjadi pelacahan seksual oleh seorang guru terhadap puluhan muridnya. Sebenarnya apa ya yang memicu predator seksual tega melakukan hal keji itu?

Berkaca dari kasus pencabulan bocah di Bandung dengan guru les-nya, istilah pedofil kembali jadi sorotan. Beberapa orang berasumsi bahwa pedofil dipicu karena pelaku sudah "gila", sehingga berani menodai anak-anak.

Meluruskan anggapan itu, Psikolog Kassandra Putranto menyebutkan, sampai saat ini, seorang pedofil diasumsikan mengalami gangguan psikologi, yang memengaruhi kepribadian seseorang. Padahal pelaku mengalami kelainan biologis yang mengganggu fungsi otaknya.

Baca Juga: Wu Chi-yun, Pendaki Gunung Berbikini Tewas Setelah Jatuh ke Jurang

"Pedofil menurut ahli dikategorikan kelainan pada otak. Biasanya IQ rendah, kurangnya white matter pada otak, sampai pelaku kekurangan testosteron," ujar Kassandra saat dihubungi Okezone.

Paling sering, sambung Kassandra, pelaku pedofil mengalami masalah pada otaknya. Gelombang saraf mereka terganggu, sehingga mengakibatkan peningkatan gairah seksual pada anak.

Sementara itu, pada orang normal saja ketika melihat sosok anak-anak spontan meningkatkan insting melindungi dan menyayangi. Nah, selain kelainan otak, masalah pengalaman traumatik bisa terjadi karena ketidakmampuan sosial.

Lebih lanjut, Kassandra menerangkan bahwa pedofil adalah penyuka seks anak. Dengan kata lain, mereka senang melihat anak-anak tanpa busana, bahkan seks anak-anak di bawah umur.

Baca Juga: 5 Tampilan Tyas Mirasih Pakai Rok Mini, Seksinya Kebangetan!

Sementara untuk predator seksual, ketertarikannya lebih jauh lagi, dengan mencabuli anak-anak tersebut. Dia menyebut, khusus kasus pedofil yang terjadi di Bandung baru-baru ini, pelaku bukanlah sosok pedofil, melainkan pelaku adalah predator seksual yang mengincar korban dari usia berapa saja.

"Kebetulan dia pedofil yang predator seksual. Karena sebenarnya banyak pedofil yang bukan predator seks," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini