nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Plus Minus Izinkan Anak Ngekost, Pelajari Sebelum Terlambat!

Rabu 23 Januari 2019 18:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 23 196 2008397 plus-minus-izinkan-anak-ngekost-pelajari-sebelum-terlambat-pFynpdJnJh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK anak-anak memutuskan untuk indekos, meskipun rumah mereka tidak berbeda pulau. Salah satu alasannya adalah agar waktu yang diluangkan bisa lebih banyak, ketimbang arus lelah di perjalanan.

Meskipun tinggal bersama orangtua adalah pilihan terbaik, tapi anak yang memilih tinggal sendiri atau ngekost juga memiliki kelebihan. Tapi, banyak masalah yang bisa terjadi ketika anak ngekost, bahkan paling buruk berakhir pada pembunuhan.

Lantas, apakah ngekost menjadi pilihan terbaik untuk anak-anak kita? Okezone pun menghubungi psikolog Dwi Riani Widyawati untuk mengulas kelebihan dan kekurangan bagi anak yang ngekost. Seperti apa?

Baca Juga: Wu Chi-yun, Pendaki Gunung Berbikini Tewas Setelah Jatuh ke Jurang

Kelebihan yang bisa dimiliki anak remaja saat ngekost:

Belajar mandiri

Bagi anak yang tinggal secara terpisah dengan orangtua mungkin akan menjadi mandiri karena mengerjakan sesuatu dengan sendirinya. Seperti masak, mencuci baju, menyetrika, atau merapihkan kamarnya.

Bertanggung jawab

Anak yang ngkost biasanya lebih bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan sekolah, tanpa mengandalkan orangtuanya.

Baca Juga: Tragis, Pramugari Ini Dipaksa Ceboki Pria Gemuk di Toilet Pesawat

Bersosialisasi

Selain itu, anak yang mandiri lebih mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya

Kesetiakawanan

Setiap harinya dihabiskan bersama dengan temannya, mulai dari pagi, siang, sore, dan malam sehingga jadi lebih dekat dan bisa mengobrol ataupun curhat.

Menghargai waktu dan uang

Anak yang tinggal sendiri lebih bisa menghargai waktu, bisa memanagemen waktu sehingga tidak bergantung pada orang rumah. Selain itu juga bisa latihan managemen uang.

Sementara kekurangan dari anak remaja yang bisa terjadi jika ngekost:

Tidak terkontrol

Jauh dari orangtua membuat pergaulan jadi tidak terkontrol, karena tidak ada yang mengawasinya.

Malas

Jika kurang komitmen, akan timbul rasa malas yang tinggi.

Boros

Jika tidak bisa mengelola keuangan dengan baik akan jadi boros, terlebih karena remaja biasanya mudah terpengaruh oleh teman-temannya. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan agar kejadian seperti pembunuhan tidak terjadi lagi.

Tempat yang aman

Carilah tempat kost yang aman dan cukup memadai. Selain itu jalan akses yang banyak orang lewati atau tidak sepi sehingga saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ada orang yang melihat.

Jaga pergaulan

Jika jauh dari orangtua, cobalah untuk berhati-hati. Jangan sembarangan mengenal orang dan memberi detail identitas yang dimiliki.

Jangan lupakan Agama

Hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk beribadah, agar saat melakukan kegiatan apapun akan dilindungi oleh Tuhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini