nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Ini Dampak jika Anak Stunting di Atas Usia 2 Tahun!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 23 481 2008300 awas-ini-dampak-jika-anak-stunting-di-atas-usia-2-tahun-V4TRBx3LNo.jpg Stunting di atas usia 2 tahun tak dapat disembuhkan (Foto: Pexel)

Stunting adalah salah satu penyakit yang masih banyak ditemui di Indonesia. Stunting sendiri dapat dilihat dengan mudah, dari bentuk tubuh yang mereka miliki. Biasanya tubuh orang yang menderita stunting akan berukuran kerdil.

Secara umum definisi stunting adalah perawakan pendek yang disebabkan oleh kekurangan gizi jangka panjang atau malnutrisi kronik. Alhasil, jangan aneh jika banyak masyarakat yang memiliki bentuk tubuh tak lazim pada umumnya.

Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K), menyebut ada dua hal yang membuat seseorang mengalami stunting yakni asupan nutrisi yang tidak optimal dan kebutuhan nutrisi yang meningkat akibat penyakit.

“Asupan nutrisi yang tidak optimal contohnya ketidaktahuan orangtua tentang ASI/MPASI, selain itu kemiskinan juga menjadi alasan selanjutnya. Sementara peningkatan kebutuhan nutrisi contohnya diare akibat lingkungan yang tidak bersih dan ISPA yang berulang,” ucap dr. Damayanti, saat ditemui dalam acara Milk Versation Frisian Flag, Rabu (23/1/2019).

stunting

Dokter Damayanti mengatakan sekiranya ada 15 provinsi di Indonesia yang memiliki angka stunting sebesar 30-40 persen. Menurutnya stunting telah lama ada, namun penyakit ini tidak mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah.

Baca Juga: Potret Seksi Aldira Chena, Barbie dari Medan yang Diperiksa Terkait Kasus Prostitusi Online

Tentunya banyak orang yang bertanya apakah penderita stunting dapat disembuhkan? dr Damayanti mengatakan stunting bisa disembuhkan secara dini jika sang penderita masih berusia di bawah dua tahun. Namun, penderita akan menjadi susah disembuhkan bila berusia di atas dua tahun.

“Pasien stunting bisa diperbaiki di bawah usia dua tahun, tetapi jika sudah usia diatas dua tahun akan sulit. Pasalnya, kognitifnya susah untuk diperbaiki. Jika usia diatas dua tahun tak bisa diperbaiki, maka IQ nya akan berkurang tiga poin dan menetap di situ. Tidak bisa mengejar IQ orang normal,” tambahnya.

Oleh sebab itu dr Damayanti menyarankan agar para orang tua untuk lebih memperhatikan kondisi buah hatinya. Dan segera memeriksakan anak begitu terjadi hal yang janggal pada pertumbuhannya.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini