nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Februari-Maret Waspada KLB DBD, Simak Fakta Nyamuk yang Kecil tapi Mematikan!

Risda Nadiva, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 23 481 2008485 februari-maret-waspada-klb-dbd-simak-fakta-nyamuk-yang-kecil-tapi-mematikan-R3yu6WBX6N.jpg Meski kecil nyamuk bisa mematikan bagi manusia (Foto: Rentokil)

Beberapa daerah di Indonesia telah masuk dalam status KLB DBD. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk tersebut memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang patut diwaspadai selama dan setelah musim hujan, tepatnya Februari-Maret.

Namun, tidak semua nyamuk dapat menyebabkan penyakit DBD, yakni hanya aedes aegypti. Selain itu, ternyata hanya nyamuk betina dari aedes aegypti yang dapat menyebabkan DBD.

Masih banyak lagi fakta-fakta unik tentang nyamuk yang mungkin belum kamu ketahui. Mengutip Buzzfeed pada Rabu (23/01/2019), berikut beberapa fakta menarik tentang serangga kecil tapi mematikan ini: 

Banyak spesiesnya

Kurang lebih terdapat 3.500 lebih spesies jenis nyamuk di seluruh dunia. Namun, hanya beberapa ratus dari mereka yang menggigit manusia. Selain itu, kata mosquito pada nyamuk merupakan istilah asing dari bahasa Spanyol

nyamuk

Hidup sebentar

Nyamuk memiliki umur pendek, yang mana jantannya hidup hingga 10 hari sementara betinanya dapat bertahan hingga 8 minggu dalam kondisi ideal. Rata-rata hidupnya ternyata kurang dari dua bulan.

Cepat bereproduksi

Seringkali kita bingung, mengapa sih masih banyak nyamuk sering berkeliaran padahal sudah dibasmi? Nah, itu karena nyamuk betika memproduksi telur setiap 10 hari.

Baca Juga: Awas, Ini Dampak jika Anak Stunting di Atas Usia 2 Tahun!

Saat menggigit

Tahukah Anda? Setiap kali nyamuk mulai ‘menyuntikkan’ sengatannya pada tubuh Anda, sebenarnya mereka menggunakan enam bagian mulutnya yang menyerupai jarum. Tidak mengherankan jika tubuh akan terasa sakit, gatal, hingga sangat mengganggu orang.

Bisa membunuhmu

Meskipun ukurannya kecil dan sepele, jangan remehkan kekuatan nyamuk loh. Mereka bisa merenggut nyawa Anda dengan membawa pasukannya sebanyak 1,1 juta nyamuk agar bisa mengisap seluruh darah dari tubuh Anda. Serem banget kan?

nyamuk

Nyamuk Jantan Tidak suka mengisap darah

Mungkin Anda mengira jika selama ini semua jenis nyamuk selalu mengisap darah makhluk hidup. Nyatanya salah, justru nyamuk jantan lebih suka mengisap nektar bunga, keringat, hingga getah tanaman. Jadi, yang selama ini membutuhkan asupan darah ialah nyamuk betina.

Bisa mendeteksi bau manusia

Nyamuk tertarik pada manusia karena merasakan panas tubuh kita dan mencium karbon dioksida yang dihirup. Makanya, mereka betah dekat kamu deh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini