nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IFW 2019 Tonjolkan Kekayaan Kalimantan, Mampukah Bersaing?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 24 194 2008748 ifw-2019-tonjolkan-kekayaan-kalimantan-mampukah-bersaing-b5T2sc6ylq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA FASHION WEEK (IFW) 2019 sebagai salah satu pesta mode kebanggaan Indonesia bakal dihelat 27 hingga 31 Maret 2019. Event ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Tahun ini, IFW 2019 akan mengambil tema "Culture Values" yang diharapkan bisa semakin menaikan citra produk lokal, dengan kualitas tidak kalah dari industri fashion dunia. Dengan tema ini juga diharapkan bisa membuat designer lokal mengembangkan potensi alam yang ada dan ini pun baik untuk perekonomian bangsa secara luas.

"IFW 2019 ini diharapkan menjadi komitmen kita semua pegiat fashion Indonesia untuk terus mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya bangsa sebagai salah satu kekuatan ekonomi negara ini," terang President Indonesia Fashion Week Poppy Dharsono di Preskon IFW 2019 di The Sofia Gunawarman Jakarta.

Baca Juga: Pulang Kampung ke Magelang, Nafa Urbach Langsung Basah-basahan!


Di IFW 2019 ini, APPMI menentukan kekayaan Kalimantan menjadi tema utamanya. Poppy menjelaskan bahwa Kalimantan belum begitu banyak dikenal publik, dan ini kesempatan yang tepat untuk menujukan kepada dunia bahwa Kalimantan punya banyak hal menarik dan tentunya high fashion.

Dia melanjutkan, etnis utama di Kalimantan banyak, seperti Melayu, Dayak, Kutay, dan Dayak Paser. Dari etnis itu saja sudah bisa diprediksi akan banyak sekali khasanah fashion yang akan tercipta dan ini semakin membuktikan bahwa kualitas fashion Indonesia sangat beragam.

Kekayaan Kalimantan ini akan diinterpretasikan dalam berbagai koleksi busana, aksesori, maupun riasan wajah. Intinya, dengan sumber inspirasi yang sangat indah itu tetap akan mengedepankan keindahan Kalimantan.

Baca Juga: 5 Potret Cantik Sellha Purba, Petugas Kebersihan Kelapa Gading yang Curi Perhatian Netizen

 

"Harapan saya untuk IFW 2019 ini, para designer akan bisa bekerja sama dengan perajin dan ini menjadi bukti berjalannya ekonomi daerah. Dengan demikian, para perajin bisa menjual barang-barangnya dan terpakai oleh para desainer serta dunia fesyen," tutur Ketua Umum APPMI tersebut.

Meskipun menonjolkan kekayaan budaya Indonesia, konsep acara akan dibuat sangat modern dan milenial. Seperti yang dijelaskan Caren Delano, IFW 2019 kali ini akan fokus pada sosial media dan konsep modern akan sangat ditonjolkan.

"Saya akan memberikan warna baru untuk IFW 2019, event ini akan dibuat lebih milenial walau pun kita tetap akan menomorsatukan budaya Indonesia, khususnya keindahan Kalimantan sebagai tema acaranya," kata Caren di lokasi yang sama.

Dia berharap bahwa nantinya dengan perubahan konsep ini designer akan semakin kaya akan pengetahuan dan diharapkan terciptanya koleksi yang edgy milenial untuk rasa yang baru.

Sementara itu, IFW 2019 akan diramaikan oleh lebih dari 20 peragaan busana yang ditampilkan 200 perancang busana Tanah Air. Ratusan merek fesyen lokal juga akan dipamerkan pada gelaran ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini