nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensasi Makan Durian Bawor Rp1,2 Juta di Kediri, Enaknya Tingkat Dewa

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 18:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 24 298 2008928 sensasi-makan-durian-bawor-rp1-2-juta-di-kediri-enaknya-tingkat-dewa-oX6SHKiURv.jfif Durian Bawor Kediri (Foto: Dewi/Okezone)

Buat pencinta durian setiap liburan ke destinasi yang menghasilkan buah tersebut pasti mencarinya. Di Kediri, Jawa Timur, tepatnya di Desa Jambu ada durian bawor dibanderol sampai Rp1,2 juta per buah.

Kenikmatan durian bawor ini sangat beda dari durian jenis lainnya. Kenapa begitu? Durian bawor ini merupakan penyempurnaan rasa dari durian monthong khas Thailand.

Uniknya, meski buahnya lumayan besar, pohonnya tidak tinggi seperti jenis buah lain. Soal rasa, kalau diadu dengan jenis durian lokal lainnya, durian bawor jelas menang.

 Baca Juga: Viral Wanita Ini Gerogoti Pare, Dicocol Saus Makin Lahap

Pemilik Kebun Bibit Kediri Agus Joko Susilo menjelaskan, durian bawor asalnya bukan dari Kediri. Namun, buah ini dari daerah Kemranjen, Banyumas di Jawa Tengah.

"Di sini kami menanam buah durian bawor. Meski asli Banyumas, tapi budidaya tanam dan dikenalkan di sini," ujarnya di Kebun Bibit Kediri, Kamis (23/1/2019).

Dia mengklaim bahwa durian bawor rasanya paling enak se-Indonesia. Selain itu, harganya paling mahal karena satu buahnya bisa seberat 12 kg atau seharga Rp1,2 juta.

 

Sembari menerangkan keistimewaan buah tersebut, Okezone diajak langsung membuka durian bawor yang aromanya sudah "memanggil" sejak tadi. Okezone bersama dengan rekan media dalam Fam Trip bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur disuguhi durian bawor sekira 3 kg.

 Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata Ini Makanan Favorit Ahok

Begitu duriannya dibuka, semua berebut mengambil durian enaknya tingkat dewa ini. Okezone pun merasakan sensasi makan durian bawor, rasanya mantap betul!

Pas mengigit daging buahnya, teksturnya lembut banget. Legit dan manisnya buah durian bawor menari-nari di lidah. Rasanya enggan langsung menelan, karena nikmat tak ada duanya.

 

"Bedanya dari durian lokal lain, warna dagingnya kuning tajam. Saking tebalnya durian tersebut, pasti nagih," imbuh Agus.

Sensasi makan durian bawor ini memang sungguhan nikmat lho. Karena ketagihan, Okezone sampai membawa pulang buah ini dengan berat 2,5 kg yang berarti dibanderol Rp250 ribu. Sebabnya, durian seberat 1 kg dihargai Rp100 ribu.

Selain buahnya, ada juga bibit durian bawor yang dijual di sana. Anda tinggal menamannya di rumah langsung dengan tanah subur. Harganya cuma Rp25 ribu saja.

Dijamin menyesal deh kalau ke Kediri, Anda tak mampir cicipi durian bawor ini. Enaknya tingkat dewa!

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini