nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Bagasi Berbayar, Ini 6 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 18:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 24 406 2008888 hindari-bagasi-berbayar-ini-6-tips-traveling-praktis-tanpa-bagasi-klvEkPng23.jpg Ilustrasi (Foto: Travelfashiongirl)

SEPERTI yang sudah diberitakan sebelumnya, pihak airline Lion Air dan Wings Group memberlakukan biaya tambahan untuk para penumpang yang membawa bagasi di luar tas yang dibawa ke kabin seberat 7 kilogram.

Keputusan akan bagasi yang tadinya gratis sekarang menjadi berbayar ini, tentunya membuat sebagian orang yang kerap melakukan perjalanan udara menjadi bingung. Terlebih bagi orang-orang yang biasa membawa begitu banyak barang bawaan bagasi.

 

Jika Anda merasa rugi untuk mengeluarkan dana tambahan untuk membeli bagasi, maka solusinya adalah mengakali bagasi bawaan agar bisa sepraktis mungkin sehingga tak perlu repot mengurus dan membayar check-in bagasi. Seperti apa tips traveling hanya dengan membawa tas ringan yang melekat di tubuh? Melansir Marketwatch, Kamis (24/1/2019) berikut uraian singkatnya.

 Baca Juga: Pemandian Batu Tunggal, Diserbu Wisatawan Lokal yang Ingin Berendam

1. Manfaatkan bagasi kabin

Sebagian besar airlines mengizinkan penumpangnya untuk membawa bagasi kabin gratis, atau “carry-on bag”. Dengan spesifikasi ukuran 22x14x9 yang biasanya akan ditempatkan di compartment di bagian atas kursi dan satu tas pribadi (misalnya tas jinjing atau tas laptop) berukuran 18x14x8 inci yang bisa ditempatkan di ruang kaki. Manfaatkan hal ini sebaik mungkin untuk memuat semua barang bawaan Anda.

 

2. Kreatif

Kreatif di sini maksudnya bisa dengan cara mengenakan setelan pakaian yang tebal dan berat di saat hari keberangkatan. Sehingga setelan pakaian yang berat ini tidak memakan ruang di dalam tas. Cara lainnya untuk meringkas barang bawaan adalah bisa dengan menggunakan compression bags yang mana tidak menyisakan udara sedikit pun sehingga barang-barang bawaan bisa semuanya masuk memadati tas bawaan.

 Baca Juga: Tamasya ke Kampung Halaman Ahok, Ini 5 Spot Wisata yang Instagramable

3. Mengubah mindset

Saat traveling, coba ubah pola pikir yang biasanya “Lebih baik dibawa semua” diubah menjadi “Saya tidak membutuhkan semua barang sebanyak ini seperti yang saya pikirkan”. Sebab, kebanyakan orang saat traveling membawa pakaian atau barang-barang terlalu banyak yang pada akhirnya tidak terpakai sama sekali. Buat praktis barang bawaan misalnya hanya dengan membawa satu gadget multifungsi, hanya membawa beberapa produk make-up yang simpel tapi penting alih-alih membawa semua isi kotak rias di rumah.

4. Persiapkan diri untuk membeli atau menyewa

Pikir dua kali untuk membawa perlengkapan yang berat seperti perlengkapan mandi, yang mana pada dasarnya bisa dibeli juga di tempat tujuan. Atau misalnya, tidak perlu membawa peralatan memancing, menyelam sendiri saat pergi berwisata snorkeling karena semua hal tersebut bisa disewa di lokasi wisata bukan?

Berpikirlah minimalis! Maka dari itu lebih baik persiapkan dana untuk membeli atau menyewa barang-barang tersebut. Lebih praktis daripada membawa sendiri hanya karena sibuk berpikir “Siapa tahu butuh”.

5. Pikirkan alternatif kecil

Alih-alih membawa jaket tebal seperti coat disarankan untuk lebih baik membawa ultralight down jacket dan jaket jenis windbreaker yang mana jauh lebih ringan dan mudah dikemas. Kita harus selalu bisa menemukan cara untuk mengepak barang bawaan yang dibutuhkan dalam versi lebih ringan dan lebih kecil daripada barang yang ada di rumah namun pada dasarnya tetap dibutuhkan ketika di perjalanan.

Tak hanya pakaian, begitu juga dengan obat-obatan. Pindahkan obat-obatan yang diperlukan ke dalam wadah kontainer berukuran kecil. Cukup kemasi obat-obatan ini jumlahnya sesuai dengan durasi traveling. Anda tak perlu membawa obat-obatan untuk porsi sepanjang tahun hanya untuk traveling satu pekan bukan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini