nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Peringkat 4 Negara Paling Instagramable di Dunia, Ini Kata Menpar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 24 406 2008971 indonesia-peringkat-4-negara-paling-instagramable-di-dunia-ini-kata-menpar-gEJezgYNtP.jpg Labuan Bajo (Foto: Utami Evi Riyani/Okezone)

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan industri pariwisata Indonesia. Belum lama ini, Big 7 Travel menempatkan Indonesia pada posisi ke-4 sebagai tempat atau negara paling instagramable di dunia. Penilaian situs berita ini tentu bukan tanpa alasan, tetapi melalui survei dan riset ke lapangan.

Sesuai daftar yang dirilis Big 7 Travel, posisi pertama ditempati Australia dengan nilai 89,98%. Disusul posisi kedua Hong Kong 86,99%, kemudian Kanada 82,84%, dan Indonesia 81,10%.

Indonesia bahkan dinilai lebih baik dari Afrika Selatan di posisi kelima dengan poin 80,94%, dan Maladewa diposisi keenam dengan poin 80,23%. Di posisi ketujuh ada India 80%, kedelapan Amerika Serikat 79,97%, kesembilan Uni Emirat Arab 79,92%, dan kesepuluh Singapura 79,45%.

(Labuan Bajo, Foto: Utami Riyani/ Okezone)

 Baca Juga: Intip 6 Potret Liburan Pevita Pearce dari Atambua hingga Eropa

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, penilaian instagramable merujuk kepada destinasi dengan pemandangan indah dan menarik, yang dapat diabadikan dengan kamera. Kemudian diunggah ke media sosial khususnya Instagram, dan mendapat respons positif dari netizen.

“Secara garis besar, penilaian kemungkinan berdasarkan daya tarik visual, popularitas di Instagram, dan minimal ada tujuh tempat dengan jaminan mendapatkan foto yang sangat bagus. Yang pasti, 10 destinasi yang dipilih mempunyai karakter yang sangat kuat,” ujar Menpar Arief Yahya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (24/1/2019).

 Baca Juga: Tamasya ke Kampung Halaman Ahok, Ini 5 Spot Wisata yang Instagramable

Lebih lanjut, Arief mengatakan, ia mengaku bangga dan bersyukur dengan pencapaian ini. Menurutnya, prestasi tersebut merupakan kerja keras semua pihak, termasuk masyarakat dan generasi milenial yang secara tidak langsung telah membantu mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia melalui unggahan Instagram.

 

(Bangka, Foto: Utami/Okezone)

“Saat ini dunia sudah sangat digital. Karena itu, harus pula ada transformasi digital. Untuk promosi pariwisata, kita pakai media digital sampai 70 persen. Dua alasan utama yaitu karena customer kita sebagian besar adalah milenial. Harus diakui, effectiveness media digital empat kali lebih besar dari media konvensional,” jelasnya.

Sejalan dengan hal itu, lahirnya Generasi Pesona Indonesia (GenPI) juga dinilai sangat berperan dalam mengemas destinasi digital yang tersebar di berbagai daerah. Di tangan mereka, sebagian tempat wisata lahir dengan spot-spot kekinian yang kemudian dikenal dengan istilah instagramable.

“Spot-spot menarik, baik yang terbentuk secara alami maupun yang sengaja dibuat oleh pengelola, memang berpengaruh besar dalam pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Saya yakin, masuknya Indonesia dalam 10 besar negara paling instagramable versi Big 7 Travel akan membuat semua pihak semakin terpacu untuk kemajuan pariwisata Indonesia,” pungkasnya.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini