8 Tanda Persahabatan Anda Beracun, Hati Hati Guys!

Adinda Harum, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 25 196 2009202 8-tanda-anda-berada-persahabatan-beracun-hati-hati-guys-QRFATXPlzw.jpg Berkawan dengan Toxic Friend (Foto: Womenshealth)

MENJALANI pertemanan yang baik adalah salah satu hal yang penting untuk kamu miliki. Namun, kamu juga harus hati-hati loh dalam memilih teman, pasalnya banyak teman yang memberikan pengaruh buruk bagi kamu alias toxic friends.

Berteman dengan orang-orang beracun ternyata memberikan efek yang jauh lebih besar dari yang kamu duga. Biasanya seseorang akan menjadi rendah diri, pesimis, dan bahkan membenci diri sendiri karena pengaruh yang beracun tersebut.

"Secara emosional merugikan Anda, daripada membantu Anda bahkan hal ini dapat menyebabkan stres dan kesedihan atau kecemasan," kata psikolog klinis Andrea Bonior, Ph.D. , penulis The Friendship.

Jadi, daripada kamu salah memilih teman, lebih baik kenali ciri toxic friends tersebut agar dapat menjaga jarak sesegera mungkin. Melansir dari Women Health, berikut tanda 8 kamu berada dalam toxic friends.

Baca juga:

Veronica Tan atau Puput Nastiti Devi, Siapa Perempuan di Samping Ahok yang Paling Menawan?

Sedang Hamil, Begini Lahapnya DJ Katty Butterfly Santap Bakso dan Soto Sampai Kepanasan

Kamu selalu ada untuknya, tapi dia tak pernah membantumu

Jika temanmu sepertinya selalu membutuhkan bantuan kamu, tetapi tidak dapat membalas bahkan bantuan sekecil apa pun, maka kemungkinan itu adalah racun. Sebab, ini tidak seimbang besar antara apa yang Anda berikan dan apa yang Anda dapatkan, jadi ini jelas dalam toxic friends.

Tidak ada kepercayaan

Persahabatan dibangun berdasarkan kepercayaan. Lagi pula, jika Anda tidak dapat mengandalkan BFF Anda, apa gunanya memilikinya? Jadi, Bonior berkata, "Jika Anda tidak percaya bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik Anda dalam pikiran itu sering merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak berfungsi." Misalnya, seorang teman yang beracun mungkin mengatakan " Mereka akan menjemput Anda di bandara dan kemudian kembali pada menit terakhir," menurut psikolog klinis Jill Squyres , Ph.D. Memang, kadang-kadang orang harus melanggar janji untuk alasan yang sah, dan itu benar-benar adil.

Tidak menikmati waktu bersama mereka

Kamu tak menikmati waktu bersama mereka karena seharian mesti mendengar keluh kesah si dia dan temanmu juga tak memberikan waktu bercerita untuk kamu. Dan hal tersebut itulah yang buat kamu tidak nyaman, apalagi negatif, lebih baik jaga jarak saja.

Tidak menjadi diri sendiri saat bersama mereka

Seorang teman beracun memiliki kemampuan untuk menyebarkan toksisitasnya kepada orang lain, menurut Bonior. "Ketika Anda bersama orang itu, mereka menunjukkan perilaku dalam diri Anda yang bukan yang terbaik," jelasnya. Mungkin Anda terlalu banyak minum, bergosip, atau bersikap agresif terhadap mereka ketika Anda biasanya sangat kedinginan. Itu semua adalah pertanda, katanya, tentang persahabatan yang beracun.

Adanya kompetisi satu sama lain

Adanya kompetisi sesekali memang tidak masalah bahkan ini sangat baik. Tapi kalau terlalu sering, malah bikin frustasi. Bornio menjelaskan, " Meskipun ini sangat normal untuk merasa cemburu dari waktu ke waktu, jika Anda merasa seperti berada dalam "pertarungan terus-menerus yang ingin Anda menangi berkali-kali," itu bisa beracun loh.

Anda tidak dapat bergantung pada saran mereka

Hidup bisa membingungkan, Itu sebabnya kamu membutuhkan teman baik untuk membantu mengetahuinya. Tetapi ketika kamu meminta saran teman dan langsung menyesalinya, itu bisa berarti mereka beracun. "Mereka tidak akan mendengarkan, dan [mereka] tidak akan menjadi sangat empati atau berbelas kasih," kata Squyres. "... Jika mereka mendengarkan, biasanya memberi nasihat sepihak yang membuat mereka terdengar pintar atau lebih kompeten dan sukses daripada kamu.

Anda merasa terbiasa

Salah satu pertanda dari teman yang beracun, kata Lombardo, adalah "manipulasi atau membuat Anda melakukan hal-hal yang tidak ingin Anda lakukan." Seringkali, seorang teman dapat memanipulasi Anda untuk membuat perjanjian yang tampak adil tetapi sebenarnya tidak

Tidak memiliki alasan untuk berteman dengan mereka

Semua hal yang dilakukan sesorang pasti ada satu alasan tersendiri. Sama hal dengan pertemanan kamu harus tahu mengapa ingin berteman denganya. Jika kamu tak memiliki alasan itu sama dengan racun dalam pertemanan loh. Pasalnya pertemanan harus dilandaskan pencapaian kebahagian bersama-sama bukan untuk diri sendiri.

So, jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut lebih baik putuskan saja deh pertemanan toxic friend atau kamu bisa bicarakan baik-baik dengan temanmu agar mendapat solusi ya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini