Kucing dan Anjing Sudah Biasa, Kekinian saatnya Pelihara Musang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 25 196 2009397 kucing-dan-anjing-sudah-biasa-kekinian-saatnya-pelihara-musang-ZgaVAygOPi.jpg Musang hewan peliharaan (Foto:Leo/Okezone)

MEMELIHARA anjing maupun kucing tentu sudah menjadi hal yang biasa. Pernahkah Anda ingin mencoba memelihara hewan yang berbeda? Jika ya, mungkin musang bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk Anda.

Selintas musang merupakan hewan liar yang terkenal sebagai hama bagi para petani. Mereka juga terkenal sebagai salah satu hewan galak dan tak segan untuk melukai siapapun yang mengganggunya. Namun, saat ini sudah banyak orang yang memelihara musang sebagai hewan peliharaan.

Menurut Evi Sabir selaku pendiri Sekertariat Perkumpulan Pemerhati Musang Indonesia (PEPMI) musang termasuk dalam kategori hewan eksotis, berbeda dengan anjing dan kucing yang masuk dalam kategori hewan domestik. Tentu memelihara musang terlihat jarang dan sedikit aneh untuk dilakukan.

 Baca Juga:

 Veronica Tan atau Puput Nastiti Devi, Siapa Perempuan di Samping Ahok yang Paling Menawan?

“Musang termasuk dalam hewan eksotis. Sebagian jenis musang masuk dalam kategori langka dan terancam punah. Meskipun demikian, pada dasarnya hewan ini bisa dipelihara oleh manusia,” tutur Evi, saat dijumpai Okezone, Rabu (24/1/2019).

Tentunya merawat musang berbeda dengan anjing dan kucing. Musang ini masuk dalam kategori hewan nokturnal yang aktif pada malam hari. Alhasil, Anda harus memahami karakter sebelum membelinya.

“Musang ini hewan nokturnal, jadi kalau mereka aktif pada malam hari, kalian harus memahaminya. Selain itu jika dia dilepaskan di taman, Anda harus menjaganya dengan hati-hati. Jangan sampai kebiasannya yang suka memanjat membuat mereka masuk ke rumah tetangga,” lanjutnya.

Baca Juga:

Wu Chi-yun, Pendaki Gunung Berbikini Tewas Setelah Jatuh ke Jurang

Evi pun mengatakan karakter musang tidak sebuas apa yang dibayangkan orang pada umumnya. Mereka merupakan hewan pemakan segalanya (Omnivora), sehingga sangat mudah untuk merawatnya.

“Merawat musang sama seperti kucing. Anda harus merawatnya sejak kecil agar terbiasa dengan manusia. Mereka juga mudah untuk diberi makan, bisa buah-buahan maupun daging, mereka juga menyukai dog food,” tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini