Icip-Icip Kuliner Khas Magetan, Ponorogo dan Madiun Enaknya Ngangenin

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 25 298 2009214 icip-icip-kuliner-khas-magetan-ponorogo-dan-madiun-enaknya-ngangenin-Kvp9frmAKt.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KULINER Jawa Timur selalu dikenal enak dan nganenin. Apalagi kalau di daerah Madiun, Ponorogo dan Magetan punya kuliner khasnya yang bercita rasa beda.

Di tiga daerah yang berada di wilayah barat Jawa Timur ini punya ciri khas kuliner yang cenderung manis. Olahannya pun sangat tradisional karena resepnya turun-temurun dari nenek moyang.

Dijamin masakannya beda dan lebih nampol rasanya dari kuliner Surabaya yang sudah dikenal lho! Okezone pernah mencicipi, sekaligus merangkumnya lewat ulasan berikut ini.

Ayam bumbung

Magetan terkenal karena udaranya dingin menusuk kulit dan adanya Telaga Sarangan yang cantik. Di balik itu, ada kuliner khasnya dengan menu ayam bumbung. Keistimewaan dari olahan ini masaknya menggunakan wadah bambu, kemudian diasap di atas arang.

Sementara bahan mentahnya berupa daging ayam segar yang digiling, kemudian dibumbui rempah-rempah khas, seperti jahe, lengkuas, daun salam, bawang dan sebagainya. Biasanya ayam bumbung dimakan bersama sayur lodeh tempe dan petai, sambal terong pedas manis dan nasi panas menggoda.

Tengkleng

Karena berbatasan dengan Karanganyar, Solo, tengkleng juga jadi salah satu kuliner ciri khas Magetan. Sangat pas sekali jika Anda mencicipi hidangan tersebut di tengah hujan dan udara dingin menusuk. Tengkleng ini merupakan menu olahan kaki kambing yang digodok lama sampai empuk.

Kuat rempahnya pun sangat menusuk hidung, saat mencium aroma kuah. Belum lagi balungan (tulang) kambing sebelumnya dibakar lebih dulu, sehingga bau prengusnya hilang. Mantap deh pokoknya!

Satai Ponorogo

Apa ya bedanya Satai Ponorogo dan Satai Madura? Ternyata jelas banget perbedaannya kalau dilihat dan dirasakan. Satai Ponorogo ini wajib dicicipi ketika Anda tengah melintasi Ponorogo atau sengaja mengeksplor Kota Reog ini.

Potongan daging Satainya cenderung tebal dan panjang, lalu dimasak dengan cara diasap. Kemudian Satainya disiram saus kacang kental bercita rasa manis. Biar kenyang, tambahkan lontong yang legit dan menggugah nafsu makan.

Satai Ponorogo

Kalau ke Madiun pasti kurang afdol kalau tidak merasakan pecel Madiun yang nikmat. Kalau pecel pasti Anda sudah kenal dong, makanan yang mengandalkan aneka jenis sayuran ini disajikan dengan bumbu kacang yang nikmat.

Adapun ciri khas pecel Madiun adalah ada lalapan bunga turi, taburan serundeng, petai china, dan kemangi. Biasanya nasi pecel ini dinikmati dengan lauk telur ceplok yang baru matang dan tempe goreng menggoda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini