nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Mudah Hindari Kena Biaya Tambahan Bagasi Pesawat

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 15:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 25 406 2009362 4-cara-mudah-hindari-kena-biaya-tambahan-bagasi-pesawat-uf6srQFkhd.jpg Ilustrasi (Foto: Dissolve)

LIBURAN memang sejatinya direncanakan sedemikian rupa agar semua berjalan dengan baik dan lancar. Namun kejadian tidak menyenangkan alias nasib sial bisa terjadi kapan saja tidak pandang waktu.

Kejadian tidak menyenangkan saat traveling ini salah satunya ialah menyangkut soal bagasi. Apa yang lebih buruk daripada terkena biaya tambahan dari bagasi yang berlebihan? Terlebih sekarang ada pihak airlines di Indonesia yang menerapkan peraturan bagasi berbayar. Lalu apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk bisa terhindar dari biaya kelebihan bagasi?

Tenang, untuk Anda yang masih bingung, berikut ulasan perihal empat cara yang bisa dilakukan untuk menghindari biaya kelebihan bagasi, sebagaimana diwarta Skyscanner, Jumat (25/1/2019):

 

1. Bayar online

Cara pertama ialah dengan memanfaatkan layanan online. Maksudnya jika Anda sudah tahu bahwa bagasi yang dimiliki akan melampaui batas berat atau ukuran. Maka disarankan untuk melakukan antisipasi dengan memesan tunjangan bagasi tambahan duluan (bayar di muka) melalui online, sebab biasanya sebagian besar maskapai penerbangan akan menawarkan diskon hingga 50% jika Anda membayar secara online daripada ketika mengantri langsung di bandara. Biasanya saat membayar online, kita dapat membayar bagasi ekstra per kilo, atau per satuan.

 Baca Juga: Lagu Kuwa Kuwi Recehkan Jagat Maya, yang Bikin Semoga Masuk Surga

2. Timbang berat bagasi di rumah

Sebelum menuju bandar udara, biasakan dulu untuk memeriksa kembali berat tas setelah selesai berkemas. Jika beratnya berlebih, maka segera keluarkan barang-barang yang tidak terlalu diperlukan atau tidak bersifat darurat (bisa dibeli atau disewa di tempat tujuan). Ketika pulang, biasanya di hotel juga menyediakan fasilitas alat timbangan. Manfaatkanlah.

 

3. Berbagi ruang dan berat

Trik satu ini berlaku jika traveling dilakukan bersama rekan, alias bukan solo traveling. Jika teman seperjalanan masih memiliki ruang di bagasinya, Anda tinggal tukar dan berbagi ruang dan berat tersebut agar bagasi Anda beratnya tidak berlebihan. Berbagi ruang dan berat bagasi bawaan ini sebetulnya bisa dilakukan di depan meja check-in, namun sebaiknya jika takut membuat antrian panjang bisa dilakukan terlebih dulu saat berkemas di penginapan.

 Baca Juga: Viral Tisu Toilet Berlafadz Allah, Netizen Auto Hujat Marks & Spencer

4. Membeli bagasi tipe ringan

Tahukah sebenarnya yang membuat tambah berat bagasi itu bukanlah barang-barang isian yang dibawa, melainkan berat dari kerangka tas bagasi itu sendiri. Beberapa tipe tas atau koper bagasi disebutkan beratnya bisa mencapai hingga 5 kilogram sendiri loh! Maka dari itu pintar-pintar lah dalam memilih tas bagasi yang akan dibawa. Sebaiknya pilih dan beli tas atau koper yang tipenya ringan dan durable ketimbang tas klasik yang punya kerangka berat yang hanya akan menambah beban berat bagasi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini