nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Penyakit Menular, Ini Tips Sehat Liburan di Kapal Pesiar

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 18:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 25 406 2009414 waspada-penyakit-menular-ini-tips-sehat-liburan-di-kapal-pesiar-Z8aKf95wAP.jpg Tips sehat selama liburan di kapal pesiar (Foto:Dinno/Okezone)

BERWISATA dengan kapal pesiar jadi satu hal yang patut dicoba. Suasana yang bakal terasa tentu bakal berbeda dengan moda transportasi lainnya.

Apalagi pada saat musim berlayar, ribuan orang dari berbagai negara ikut dalam perjalanan. Keadaan penuh pendatang seperti ini ada satu hal penting tak boleh dilupakan, yakni aspek kesehatan.

Sistem kebijakan dan prosedur kesehatan telah dirancang kuat untuk mencegah penyebaran penyakit menular termasuk influenza dan norovirus. Langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penyakit telah dikembangkan bersama sejumlah lembaga kesehatan internasional dan seluruh kapal pesiar, staf dan kru kapal diwajibkan memenuhi standar otoritas internasional pula.

Baca Juga:

 Veronica Tan atau Puput Nastiti Devi, Siapa Perempuan di Samping Ahok yang Paling Menawan?

Agar penumpang atau wisatawan tetap sehat, mencegah tertular atau tidak menyebarkan virus dan penyakit selama kapal berlayar. Tim kesehatan telah merancang prosedur kesehatan dengan mengikuti sejumlah saran berikut sebagaimana disampaikan oleh Grant Tarling, MD, MPH, Chief Medical Officer Princess Cruises;

1. Wisatawan diharapkan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air, terutama sebelum makan.

2. Sejumlah spot hand sanitizer juga disediakan di tempat strategis, terlebih pada pintu masuk restoran dan pintu masuk berbagai area publik. Perlu diingat, hand sanitizer berfungsi untuk membunuh kuman dan bukan sebagai pengganti cuci tangan.

 

3. Daripada menggunakan toilet umum, lebih baik gunakan fasilitas toilet yang ada di kamar atau kabin Anda.

4. Prosedur kesehatan lainnya untuk wisatawan adalah disarankan untuk minimalisir kontak langsung seperti berjabat tangan dengan wisatawan lain selama pelayaran.

Baca Juga:


Kisah Ayah Non-Muslim Izinkan Anak Perempuannya Masuk Islam, Bikin Mewek

5. Selalu tutupi hidung dan mulut dengan tisu ketika Anda batuk di area publik.

6. Buang tisu ke tempat sampah setelah digunakan. Tempat sampah pun diletakkan ke banyak area dan lokasinya cukup strategis.

7. Jika wisatawan mengalami gejala muntah, mabuk laut atau bahkan diare, segera hubungi staf dan lebih baik segera istirahat di kabin. Tim kesehatan dari kapal akan siap siaga mendatangi kapal untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini