nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

100 Kali Donor Darah, 842 Orang Dapat Cincin Emas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 16:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 25 481 2009405 100-kali-donor-darah-842-orang-dapat-cincin-emas-Ic85FRJgrU.jpg
JAKARTA - Acara penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela (DDS) 100 kali kembali digelar. 
Kegiatan rutin diadakan setiap tahun ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pendonor yang sudah menyumbangkan darahnya lebih dari 100 kali secara sukarela.

Kali ini sebanyak 842 pendonor darah sukarela yang telah mendonorkan darahnya akan mendapatkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial dari Pemerintah Republik Indonesia. Penghargaan tersebut dilakukan di Jakarta pada Sabtu, 26 Januari 2019.

Penghargaan yang diberikan kepada 842 pendonor darah ini terdiri dari 826 pria dan 16 perempuan. Pendonor dengan usia tertua berusia 75 tahun yaitu FX Sudaryanto dari DKI Jakarta, pendonor termuda berusia 40 tahun yaitu Nico Samuel dari Banten dan pendonor darah 100 kali termuda apheresis berusia 29 tahun yaitu Agung Satrio.

Sementara pendonor terbanyak sebanyak 143 kali yaitu Satroni berusia 61 tahun dari DKI Jakarta. Provinsi Jawa Timur mengirimkan pendonor darah terbanyak yaitu sebanyak 353 orang.

Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita menjelaskan. Para penerima penghargaan ini adalah pendonor darah sukarela ini yang telah melakukan komitmen kemanusiaan dan harus kita apresiasi.

“Mereka sudah menyumbang 25-30 liter darah kepada orang yang membutuhkan dalam kurun waktu selama kurang lebih 20-30 tahun dari hidupnya,” tutur Ginandjar, dalam acara konferensi pers Penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial Pendonor Darah 100 Kali, di Markas Pusat PMI, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).

Selain mendapatkan penghargaan, para pendonor darah sukarela juga akan menerima cinderamata berupa cincin emas dari PMI, hal ini sesuai dengan peraturan organisasi PMI yang mengatur tentang penghargaan terhadap pendonor darah.

pmi

Dalam kegiatan ini, PT Antam Tbk memberikan dukungan berupa 400 Cincin emas sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap para pejuang kemanusiaan ini.

SPV Corporate Secretary Antam, Aprilandi Hidayat Setia mengatakan, PMI merupakan lembaga terkemuka bidang sosial kemanusiaan yang salah satunya bertujuan meningkatkan pelayanan darah berkualitas di Indonesia.

“Dukungan Antam terhadap PMI merupakan bagian dari refleksi corporate cirizenship perusahaan, dimana salah satunya mendorong terciptanya perbaikan kualitas hidup manusia," kata Aprilandi.

Baca Juga : Lagu Kuwa Kuwi Recehkan Jagat Maya, yang Bikin Semoga Masuk Surga

Menurut data OMI, terdapat sekitar 6.000 pendonor darah sukarela 100 kali yang tersebar di seluruh Indonesia. Sepanjang tahun 2018, PMI menargetkan jumlah donasi darah sekitar 3,4 juta kantong darah, yang setelah diproses menjadi kurang lebih 5,4 juta kantong komponen darah. Angka tersebut diklaim dapat memenuhi 95 persen kebutuhan darah nasional. (hel)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini