nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menarik Kunjungan Wisman Melalui Konser Pynarello di Museum BI

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 26 Januari 2019 18:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 26 406 2009795 menarik-kunjungan-wisman-melalui-konser-pynarello-di-museum-bi-J1jrytyZZ9.jpg Konser Pynarello di Museum Bank Indonesia (MuseumBI/Twitter)

PARIWISATA merupakan salah satu sektor yang cukup menjanjikan bagi Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia terdiri dari berbagai wilayah dengan berbagai macam keindahan alam yang menjual untuk dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara.

Selain memiliki potensi alam yang menjanjikan, Indonesia juga memiliki budaya yang menarik untuk dipelajari oleh para wisatawan mancanegara. Sebagai salah satu cara untuk menggaet wisatawan mancanegara Museum Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan stakeholder Erasmus Huis.

Erasmus Huis sendiri adalah pusat kebudayaan Belanda di Jakarta. Kerjasama ini dilakukan dengan cara menyelenggarakan konser klasik “Pynarello” yang berlangsung pada Sabtu (26/1/2019) di Innercourt Museum Bank Indonesia.

Konser ini sengaja digagas dengan harapan untuk terus menguatkan sektor pariwisata dan industri keratif di Indonesia. Budaya ini dipercaya bisa menjadi motor pendorong yang sangat ampuh untuk menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Tentu dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan asing, maka diharapkan dapat meningkatkan devisa negara dan memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

“Upaya meningkatkan devisa paling mudah adalah melalui sektor pariwisata,” tutur Deputi Gubernur BI,  Dody Budi Waluyo sebagaimana dihimpun Okezone, Sabtu (26/1/2019).

konser

Selain itu adanya kerjasama di sektor kebudayaan dengan para musisi berprestsasi internasional juga bisa mendorong para pelaku seni dan industri kreatif Indonesia agar terus mengembangkan diri. Cara ini bisa mendorong para musisi Indonesia untuk bersaing dengan para kreator tingkat dunia.

Pemerintah Republik Indonesia juga telah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda terkait arsip permuseuman.

Sebagaimana diketahui Pynarello sendiri adalah sebuah grup yang terdiri dari generasi muda para musisi Belanda yang berambisi untuk melakukan inovasi. Mereka menampilkan lagu-lagu klasik yang dimainkan tanpa pengaba serta tidak menggunakan partitur musik.

Pynarello diinisiasi oleh seorang pemain biola bernama Lonneke van Straalen yang berhasil memperoleh penghargaan Prix Madeleine Margot dari Societe Gavignies pada 2017. Penghargaan tersebut adalah hadiah tertinggi bagi musisi inovatif di Belanda.

Pynarello berisi 10 orang personel yakni: Lonneke van Straalen (violin), Margot Kolodziej (violin), Eva Traa (violin), Jeffrey Bruinsma (violin), Anna Magdalena den Helder (viola), Judith Wijzenbeek (viola), Sebastiaan van Halsema (violoncello), Emma Kroon (violoncello), Thomas Pol (doublebass), Arno Stoffelsma (clarinet).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini