6 Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak biar Tak Jerawatan, Simpel Kok!

Hanizha Fatma, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 27 194 2010019 6-tips-merawat-kulit-wajah-berminyak-biar-tak-jerawatan-simpel-kok-eAJxEwNU4r.jpg Merawat kulit wajah berminyak agar tak jerawatan (Foto: Liveabout)

Memiliki kulit berminyak bisa membuat Anda frustasi. Tidak peduli seberapa sering Anda mencuci wajah, kulit Anda akan tetap terlihat mengkilap sepanjang hari. Hal ini mungkin membuat Anda menjadi tidak menarik atau tidak enak dilihat. Karena biasanya orang yang memiliki kulit berminyak cenderung memiliki komedo dan jerawat lebih banyak dari jenis kulit lainnya.

Tidak perlu khawatir, dengan menggunakan kombinasi produk perawata kulit yang tepat Anda bisa mengurangi minyak berlebih yang Anda miliki. Dilansir dari Live About berikut langkah-langkah dalam menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit berminyak.

Pembersih yang tepat

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam perawatan kulit adalah menggunakan pembersih yang tepat. Hal ini sangat penting ketika Anda memiliki jenis kulit berminyak. Karena sel-sel kulit mati dan minyak cenderung berada diantara kulit ketika memiliki jenis ini. Dengan mengenakan pembersih yang tepat, Anda tidak hanya dapat menghilangkan sel-sel kulit yang tidak diinginkan tetapi juga dapat membuka sumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo dan berjerawat.

Selain itu, jangan menggosok kulit Anda terlalu keras atau kencang karena hal ini dapat menyebabkan kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak yang mengganggu keseimbangan alami kulit. Pastikan Anda benar-benar menghapus semua rias wajah Anda di malam hari sebelum mencuci wajah. Tidur dengan mengenakan riasan akan semakin menyumbat pori-pori.

Exfoliate

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda harus melakukan eksfoliasi secara teratur. Jika sedng berjerawat, hindarilah menggunakan scrub karena dapat menyebabkan bakteri menyebar ke bagian wajah lainnya dan menimbulkan jerawat lainnya. Anda bisa eksfoliasi dengan menggunakan toner atau serum yang mengandung bahan pembersih kulit. Ikuti instruksi pada produk untuk mengetahui beberapa kali Anda harus melakukan eksfoliasi. Beberapa produk menganjurkan digunakan setiap hari untuk hasil terbaik dan adapula yang lebih baik digunakan hanya sekai atau dua kali dalam seminggu.

Masker

Meskipun jarang digunakan, ini adalah senjata rahasia untuk membuat kulit berminyak terlihat lebih segar dan bercahaya. Masker yang tepat dapat menyerap minyak wajah berlebih dan menjaga kulit Anda agar terasa halus. Carilah masker yang mengandung charcoal atau clay karena berfungsi menyerap minyak berlebih di kulit. Ada pula masker yang mengandung bahan-bahan untuk melawan jerawat. Jika Anda mengunakan masker, jangan terlalu cepat membilasnya,hal tersebut membuat manfaat dari masker tidak berfungsi dengan baik.

Pelembap

Meskipun memiliki kulit berminyak, Anda perlu menggunakan pelembap agar kulit tetap sehat. Kulit berminyak cenderung mengalami dehidrasi karena kebanyakan orang menggunakan produk dan bahan-bahan keras. Selain itu, banyak orang dengan kulit berminyak menghindari pelembap karena berpikir akan menambahkan minyak diwajah. Beberapa pelembap berbentuk cair atau gel, namun tidak akan membuat kult terasa lebih berminyak.

perawatan kulit wajah

Pelindung

Jangan lupa menggunakan tabir surya setiap pagi karena semua jeniskulit membutuhkan perlindungan. Banyak orang dengan kulit berminyak menghindari mengoleskan tabir surya ke wajah karena merasa bahwa tabir surya dapat menyumbat pori-pori mereka. Agar hal ini tidak terjadi, Anda hanya perlu mengenakan tabir surya yang tepat.

Stop shine

Memiliki wajah berkilau sepanjang hari memang bisa membuat kesal. Anda dapat menggunakanprimer makeup untuk menghentikan hal tersebut. Oleskan setelah tabir surya dan sebelum riasan Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini