nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Langganan Jokowi, Ini Asal Muasal Tukang Cukur Garut

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 08:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 28 194 2010626 garut-penghasil-tukang-cukur-dari-kaki-lima-hingga-langganan-jokowi-ypIQ09te70.jpg Jokowi Cukur Rambut (Foto: Ist)

RAMBUT merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia. Rambut tentunya akan menambah estetika seseorang yang akan membuat mereka tampil percaya diri di hadapan banyak orang. Alhasil banyak cara yang dilakukan seseorang agar dapat memperoleh bentuk rambut idamannya.

Salah satu cara untuk memperoleh bentuk rambut indah adalah dengan datang ke tukang pangkas rambut. Ya, bagi pria akan sangat mudah menemukan tukang pangkas rambut yang tersebar di sekitar Anda.

Namun, apakah Anda pernah memperhatikan bila sebagian besar tukang cukur berasal dari wilayah Garut (Asgar)? Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan mencoba untuk membahasnya.

Baca juga :

Garut memang memiliki banyak sekali ahli pangkas rambut. Saking banyaknya maka mereka membuat Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) dengan jumlah anggota yang sangat besar. Organisasi inilah yang sempat viral beberapa waktu lalu ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan kunjungan kerja ke Situ Bagendit, Garut.

Merunut dari sejarah, awal mula persebaran mereka bermula saat adanya pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) pimpinan S.M. Kartosoewirjo pada akhir 1940-an. Mereka akhirnya mengungsi ke luar kota untuk menghindari pertumpahan darah.

Nah, di daerah baru tersebut, mereka mulai bekerja menggunakan berbagai macam kemampuannya untuk bertahan hidup. Salah satu profesi yang mereka lakoni adalah pangkas rambut. Menurut cerita, pertikaian hebat paling banyak terjadi di wilayah Banyuresmi, Garut.

Mereka akhirnya meninggalkan kota dan menyebar ke daerah lain seperti Majalaya dan berbagai daerah di Kabupaten Bandung. Sejak itulah, mereka menekuni profesi sebagai tukang cukur rambut secara turun temurun.

So, jangan aneh jika hingga saat ini banyak tukang cukur rambut Asgar yang membuka usaha pada berbagai kota di Indonesia. Mereka biasanya mengikuti jejak orangtua, saudara, tetangga maupun sahabat sebagai seorang tukang cukur rambut.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini