nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jepang Jadi Negara Paling Cerdas di Dunia, Kok Bisa?

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 15:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 28 196 2010384 jepang-jadi-negara-paling-cerdas-di-dunia-kok-bisa-tTCOTRapUU.jpg Jepang jadi negara paling cerdas di dunia (Foto: Soranews24)

Jepang kembali mendapatkan predikat terbaik. Setelah menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia yang membuat warganya memiliki kesempatan untuk pergi ke negara mana saja tanpa mengalami kesulitan, kini giliran predikat negara tercerdas yang disematkan kepadanya. Predikat ini diberikan oleh sebuah situs yaitu Vouchercloud.

Situs tersebut menganalisis 25 negara berdasarkan statistik jumlah hadiah Nobel yang diterima, skor IQ rata-rata, dan skor rata-rata pendidikan. Faktor-faktor itu kemudian dikombinasikan untuk melihat kecerdasan generasi masa lalu, sekarang, dan masa depan dari masing-masing negara. Hasilnya, Jepang menempati peringkat pertama yang kemudian diikuti oleh Swiss, China, Amerika Serikat, Belanda, Rusia, Belgia, Inggris, Kanada, Korea Selatan dalam urutan 10 teratas.

Melansir Sora News 24, Senin (28/1/2019), ada banyak hal yang membuat Jepang menjadi negara paling cerdas. Pertama, negara tersebut menempati peringkat kelima untuk keberhasilan pendidikan dan keenam di dunia untuk IQ rata-rata.

Soal Ujian

Selain itu, baru-baru ini mahasiswa pascasarjana di sana menyelesaikan soal matematika yang tidak bisa dipecahkan selama 2.000 tahun. Kemudian, negeri sakura ini juga telah meraih 26 Nobel.

Sebagai perbandingan, China memiliki skor IQ rata-rata terbaik kedua yaitu 105,8, tetapi hadiah Nobel yang diterimanya hanya 9. Sedangkan Amerika Serikat yang berada di posisi pertama dalam faktor hadiah Nobel dengan jumlah kemenangan mencapai 368 kali, skor IQ rata-ratanya tidak begitu bagus karena berada di posisi 28. Kemudian ada Korea Selatan yang berhasil menempati posisi kesepuluh lantaran berada di posisi keempat dalam skor IQ, posisi kedua untuk skor rata-rata pendidikan, serta telah meraih 1 hadiah Nobel.

Sementara itu, Singapura yang memiliki skor IQ rata-rata dan skor rata-rata pendidikan yang lumayan tinggi harus puas berada di urutan terakhir. Besar kemungkinan karena negara termuda dan terkecil itu belum pernah memenangkan hadiah Nobel. Hadiah Nobel memang tampaknya menjadi perhitungan utama oleh Vouchercloud untuk menentukan negara paling cerdas.

Di sisi lain, meskipun mendapat predikat negara paling cerdas, masyarakat Jepang juga diketahui mendapatkan jumlah tidur paling sedikit di dunia. Hal ini tentunya dapat berbahaya bagi kesehatan. Sebab seharusnya setiap orang mendapatkan 8 jam tidur setiap harinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini