nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Koleksi Barang Antik Ahmad Dhani, Ada Toples Kaca Era Perang Dunia II

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 19:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 28 196 2010539 koleksi-barang-antik-ahmad-dhani-ada-toples-kaca-era-perang-dunia-ii-BLG8Lw0v8a.jpg Koleksi Ahmad Dhani (Foto: Youtube)

NAMA musisi kenamaan Indonesia, sekaligus mantan suami Maia Estianty, Ahmad Dhani hari ini tengah menjadi topik hangat pembicaraan. Terkait dengan vonis atas kasus cuitan dirinya di media sosial.

Well, terlepas dari masalah kasus di atas. Sosok Ahmad Dhani dari dulu memang sudah dikenal khalayak luas sebagai sosok musisi jenius yang unik dan nyentrik.

Salah satu contohnya, walau musik yang ia geluti adalah musik pop-rock. Siapa sangka di balik sosok nyentrik seorang Ahmad Dhani, pria satu ini adalah penggemar barang-barang antik.

 BACA JUGA : Gantung Raket, Intip 5 OOTD Liliyana Natsir di Luar Lapangan yang Stylish

Kecintaan Dhani-begitu ia akrab disapa kepada barang-barang vintage yang mempunyai nilai sejarah tinggi ini, kebetulan sempat diperlihatkan kepada publik luas melalui tayangan acara Go-Spot, RCTI.

Seperti penelusuran Okezone di linimasa Youtube, Senin (28/1/2019), melalui akun laman resmi Youtube RCTI, RCTI-Infotainment, Go-Spot sempat mengunggah bagaimana keseruan Ahmad Dhani menjelaskan koleksi barang-barang antiknya yang ia simpan di villa pribadinya yang berada di Puncak, Jawa Barat.

 

Dalam tayangan tersebut, Dhani menjelaskan sebagian dari ratusan koleksi barang-barang antiknya. Pertama ada sebuah barang terbuat dari kayu yang bernama Jodang, yang dijelaskan Dhani sebagai barang seserahan dari pengantin pria kepada pengantin wanita.

 

Kemudian dari video berdurasi sekitar lima menit tersebut, terlihat jelas betapa banyaknya koleksi kitchenware antik Dhani. Ragamnya pun bermacam-macam, mulai dari toples kaca yang dibuat pada masa Perang Dunia II, lalu toples kaca bercap buatan Jerman dan Jepang, gelas-gelas kaca yang semuanya merupakan buatan luar negeri, ratusan cangkir kaca buatan Amerika dalam bentuk model yang sama namun tersedia tiga pilhan warna yakni hijau, putih, dan merah hingga rantang makanan warna-warni.

 

Tak hanya perlengkapan dapur, koleksi barang antik Dhani juga meliputi barang dekorasi yang berfungsi sebagai hiasan ruangan seperti patung-patung kayu khas Jawa. Dhani bahkan juga memiliki alat strikaan kuno, tempat tidur kayu khas Jawa lengkap dengan kelambu, sampai dengan sebuah lemari kayu dari era 1800’an yang disebutkan Dhani dibuat murni menggunakan lembar-lembar kayu, tanpa dibantu teknik plitur yang pada abad itu belum dikenal.

Di video tersebut juga sempat disinggung Dhani memang tidak mau merincikan bagaimana cara dirinya mendapatkan hingga mengumpulkan barang-barang antik koleksinya. Namun karena terlibat langsung dalam perburuan barang-barang antik yang berjumlah ratusan tersebut, Dhani tetap tahu persis perihal barang-barang antik koleksinya.

 BACA JUGA : Wajib Coba! Ini Tren Warna Rambut Terbaru untuk Perempuan Milenial

Terakhir, Dhani sendiri menyebutkan dirinya masih belum pantas disebut sebagai kolektor barang antik karena merasa koleksi barang-barang antiknya belum terlalu banyak jumlahnya.

“Sebenarnya bukan kolektor, sebenarnya pemulung. Kita memulung barang-barang tua,” ujar Dhani.

Sementara itu, terkait kecintaannya terhadap barang-barang klasik ini, sang suami Mulan Jameela ini mengaku sang putri kecilnya juga sudah mulai mengikuti hobinya satu ini.

“Yang kecil, Shafeea malah sudah yang tertarik yang gede-gede belum. Nanti mereka juga tahu sendiri, kalau Shafeea sih sudah suka,” tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini