nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cobain Makan Serangga Krispi di Phuket, Rasanya Ngeri-Ngeri Sedap!

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 28 298 2010344 cobain-makan-serangga-krispi-di-phuket-rasanya-ngeri-ngeri-sedap-FZzXmY80Wt.jpg Penjual serangga goreng (Foto: Dinno/Okezone)

BELUM ke Thailand rasanya kalau tidak melihat penjual serangga krispi. Makanan ekstrem satu ini sangat terkenal di Thailand, bahkan jadi salah satu daya tarik wisata kulinernya!

Sepertinya butuh nyali lebih untuk sekadar mendekati si penjual atau bahkan menyantapnya. Serangga yang tampak menjijikkan itu diletakkan di atas nampan namun tidak menggeliat, alias sudah tersaji dalam keadaan matang.

Yang paling terkenal adalah jangkrik. Tapi ada jenis lain seperti ulat bambu, rayap, kecoa, kumbang, lebah, ulat kayu, belalang hingga kalajengking. Sebelum di deep fried sampai kering, serangga tersebut sebenarnya sudah dicuci bersih secara hati-hati agar tetap utuh.

BACA JUGA :  Cantiknya Tamara Bleszynki Jualan Nasi Lauk Nusantara Pakai Rok Mini

"Jangan heran kalau lihat serangga di pinggir jalan. Makanan kaki 5 itu terkenal banget di Thailand, termasuk Phuket. Melihatnya memang mengerikan, tapi kalau dimakan kamu bakal merasakan hal yang beda," kata Non pemandu wisata setempat dalam bahasa Inggris di Phuket, Thailand, belum lama ini.

 

Semua serangga-serangga itu tersaji terpisah tergantung jenisnya dalam satu nampan. Kalau ada yang beli, tinggal diserok dengan sendok nasi dan dimasukkan ke kantung plastik.

Ada satu tips penting sebelum cobain makan serangga goreng. Jangan makan berbagai jenis sekaligus. Sebab, kemungkinan serangga-serangga ini bakal menimbulkan alergi. Dampaknya memang ringan, mulai dari gatal, muntah hingga demam! Kamu enggak mau liburan jadi berantakan gara-gara makan serangga bukan?

"Kalau beli satu-satu, makanya si penjual membanderol harga perjenis serangga. Takutnya ada alergi," ungkap Non.

Harga perporsi dari serangga ini memang beda-beda. Untuk serangga yang populasinya banyak seperti jangkrik, belalang, ulat bambu dan ulat kayu biasa dijual 20-40 Baht atau Rp8900-Rp17.800. Yang paling mahal adalah kalajengking, harganya bisa 200 Baht atau Rp89 ribu perekor.

 

Enggak mau ambil risiko alergi, paling aman coba deh jangkrik goreng. Kalau beli sebungkus, isinya 8-10 ekor tergantung ukuran. Rata-rata serangga gorengnya ditabur sejumput garam dan beberapa helai daun kari goreng. Mungkin agar saat disantap tak terlalu tampak mengerikan ya!

 

"Tetap dikasih bumbu, apalagi baru pertama coba. Walau bagaimanapun ini tetap makanan, biar yang baru ngerasain enggak begitu jijik," kata Non.

Kalau sudah sampai di depan penjualnya, tinggal tunjuk saja, pesanan langsung diracik! Enggak sampai satu menit serangga goreng ini sudah siap disantap.

Melihat isi dalam plastik, rasanya agak ngeri-ngeri sedap ya. Jangkrik yang tadi dipesan warnanya hampir sama dengan jangkrik yang masih hidup, tapi dia kaku. Agak ditekan dikit langsung remuk, terbayang dipikiran seperti mau makan rempeyek.

BACA JUGA :  Zodiak yang Diprediksi Ketiban Untung di Februari 2019, Cek Siapa Tahu Zodiak Kamu!

Dimakannya pakai 2 lidi panjang seperti sumpit. Kalau enggak berani, lebih baik dijepit berbarengan dengan daun kari goreng. Langsung "Hap" dan kunyah! Ekspektasi mengerikan lenyap seketika.

 

Tekstur jangkrik gorengnya krispi, rasanya sedikit gurih karena ditaburi garam. Tak ada aroma-aroma amisnya, apalagi daun karinya menyatu dalam mulut, jadi rasanya sedap! Pertama kali makan ini, pasti enggak bakal nyangka kalau kamu lagi makan jangkrik, serangga yang bunyinya nyaring dalam kegelapan itu!

Satu, dua bahkan 3 ekor rasanya masih sama. Tapi di jangkrik yang keempat, otak sudah mikir kalau kita lagi makan jangkrik. Lama-lama ngeri dan sepertinya udah cukup makan 4 saja!

Kalau memang punya nyali lebih, coba minta ke penjual tanpa diberi taburan garam atau tambahan daun kari. Rasakan sensasi "ngeri-ngeri sedap" dan bilang ke teman-teman kalau "saya sudah coba serangga goreng di Thailand". Selamat mencoba!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini