nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi Sering Bermain Bersama Ayah Lebih Cerdas saat Dewasa?

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 29 196 2010729 bayi-sering-bermain-bersama-ayah-lebih-cerdas-saat-dewasa-K8ATSWx3Jb.jpg Bayi bermain bersama ayah akan lebih cerdas saat dewasa (Foto: Independent)

Sekarang ini semakin banyak ayah yang terlibat soal pengasuhan anak. Dengan begitu mendidik dan merawat anak bukan hanya tugas seorang ibu. Memang sebenarnya menurut para ahli cara yang paling baik untuk membesarkan anak adalah kerja sama antara ayah dan ibu.

Bahkan ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bila seorang ayah aktif berinteraksi dengan anaknya akan memberikan dampak positif pada kecerdasan anak tersebut. Interaksi antara ayah dan anak dipercaya dapat meningkatkan kemampuan anak di kemudian hari. Oleh karenanya, ayah diharapkan menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak ketika mereka tumbuh dewasa.

"Dari penelitian ini terdapat pesan yang jelas untuk para ayah baru. Sebisa mungkin mereka perlu berinteraksi dan bermain dengan bayinya. Cara tersebut dapat memiliki efek positif di masa depan," ungkap salah seorang peneliti dari Imperial College London, Profesor Paul Ramchandani seperti yang dikutip Okezone dari Independent, Selasa (29/1/2019).

Ayah Bermain Bersama Anak

Para peneliti mendapatkan hasil tersebut setelah menganalisis interaksi antara 128 ayah dan bayi berusia 3 bulan selama lebih dari setahun. Kemudian para peneliti mengukur perkembangan kognitif bayi. Tak hanya itu, para peneliti pun merekam video saat ayah bermain dengan anak-anaknya ketika berusia 2 tahun.

Pada usia tersebut, para peneliti menilai perkembangan anak menggunakan indeks perkembangan mental standar (MDI) yang melibatkan tugas-tugas seperti mengenali warna dan bentuk. Dari cara ini, peneliti menemukan korelasi positif antara jumlah waktu berkualitas yang dihabiskan ayah dengan bayi mereka terhadap skor tes anak-anak. Hasil penelitian juga mengungkapkan ayah dengan pandangan yang lebih positif dan kurang cemas cenderung memiliki anak yang memiliki kinerja lebih baik dalam skala MDI.

“Bagi para ayah yang lebih terlibat dalam pengasuhan dapat memberikan banyak hal positif yang terjadi dalam kehidupan anak secara umum. Inilah alasan untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak menjadi sinyal penting," tambah Profesor Ramchandani.

Meskipun peneliti mengatakan ada sejumlah keterbatasan dalam penelitian ini, namun korelasi positif antara interaksi ayah dan anak telah terbukti.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini