nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singa Emas Raksasa di Festival Imlek Singkawang Siap Catatkan Rekor MURI

Ade Putra, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 29 406 2010929 singa-emas-raksasa-di-festival-imlek-singkawang-siap-catatkan-rekor-muri-uWwKnVFlJU.jpg Festival Imlek 2019 di Singkawang (Foto: Ade Putra/Okezone)

PERSIAPAN penyelenggaraan Festival Tahun Baru Imlek 2570 dan Cap Go Meh (CGM) 2019 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat akan dikemas menjadi festival yang lebih menarik dari tahun sebelumnya. Acara kebudayaan ini sudah menjadi agenda tahunan di Singkawang. Tak sedikit wisatawan mancanegara yang memadati seluruh penjuru kota Seribu Kelenteng ini.

Saat ini persiapannya sudah mencapai 85 persen. Untuk lebih menyemarakkan event yang sudah menjadi agenda nasional bahkan internasional ini, Pemkot Kota Singkawang bakal mengundang Presiden Joko Widodo.

“Persiapan kali ini lebih matang lagi dengan panitia yang agak solid. Rencananya, sepuluh pejabat konsulat dari Kuching, Sarawak, Malaysia akan hadir. Ditambah Menteri dan undangan lainnya. Kami juga mengundang Pak Presiden RI, Joko Widodo” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawag, Bosni.

 Baca Juga: Makan Bareng Kucing, Kepala Biarawan Ini Viral

Ia memastikan, pelaksanaan Festival Imlek dan Cap Go Meh yang kedua kalinya pada masa kepemimpinan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan Wakil Wali Kota Singkawang Irwan ini siap digelar dan dibuka secara resmi pada 3 Februari 2019. Lokasinya di Stadion Kridasana Singkawang.

“Kegiatan yang sudah go nasional dan bahkan internasional ini gaungnya sudah luar biasa. Tentu menarik untuk pengunjung dan wisatawan, maka kami harus sungguh-sungguh,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Panitia Festival Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang 2019, Tjhai Leonardi mengungkapkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan semua pihak untuk mensukseskan perhelatan ini.

 

“Kami dari panitia sudah menghiasi kota, agar beda nuansa dengan tahun yang lalu. Satu di antara ikonnya yaitu adanya replika Singa Emas Raksasa,” katanya.

 Baca Juga: Transformasi Terpidana Ahmad Dhani, Dulu Ganteng, Sekarang?

Untuk itu, kata Tjhai Leonardi, pihaknya akan mendaftarkan replika singa yang memiliki tinggi 8,88 meter dan lebar 3,8 meter ini ke MURI. "Kita optimis bisa mencapai target MURI. Karena replika Singa Raksasa ini belum ada di tempat yang lain. Mmaka kita harapkan bisa dapat rekor MURI," ujarnya.

Apalagi, pembuatan replika Singa ini dikerjakan oleh tujuh putra asli Singkawang selama empat bulan. Pada perayaan tahun ini, sambung Leonardi, panitia juga menyediakan stand pameran UKM dan Expo potensi-potensi dari Kalbar.

 

"Kami juga buat replika rumah adat Tionghoa atau rumah ada Tulow yang pengerjaannya saat ini juga sudah 80 persen,” ujarnya.

Selama Festival Imlek dan CGM berlangsung, jelas Leonardi, juga disuguhkan berbagai kebudayaan dari 54 sanggar atau paguyuban. Juga ada 12 replika shio dan 10 replika babi. Panitia juga membuat kedai teh, pembangunan gerbang Tionghoa. Lalu, ada pembuatan taman suvenir, taman bunga Meihwa dan puluhan ribu lampion yang digantung di sepanjang jalan protokol dan pusat perdagangan.

Soal atraksi, akan ada atraksi 12 replika naga, pameran foto dan kuliner khas Singkawang, parade motor gede berstandar nasional, pawai lampion dan tatung pada hari puncak.

"Khusus 12 naga serta barongsai nantinya mereka akan beratraksi membuat formasi cinta NKRI dan Pancasila serta plakat kota Singkawang sebagai kota tertolerasi nasional," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini