nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Membeli Oleh-oleh saat Traveling Keliling Indonesia dengan Aplikasi Traveloka

Advertorial, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 16:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 29 406 2010944 5-manfaat-membeli-oleh-oleh-saat-traveling-keliling-indonesia-dengan-aplikasi-traveloka-AuYYFVZXXh.jpg Ilustrasi oleh-oleh (Foto: Pexels)

MEMBAWA oleh-oleh dari jalan-jalan memang sempat jadi perdebatan dari para traveler. Sebagian besar orang masih menganggap oleh-oleh ini jadi hal wajib yang harus dibeli saat bepergian. Sebagian lainnya ingin orang-orang Indonesia melupakan tradisi membawakan oleh-oleh. Buang jauh-jauh dulu perdebatan ini karena ternyata ada banyak keuntungan jika Anda membeli oleh-oleh saat berlibur.

Tidak percaya? Ini dia manfaat yang akan Anda dapatkan jika masih percaya oleh-oleh itu menguntungkan.

1. Membuat Anda menghitung budget liburan

Poin pertama inilah yang sering memunculkan perdebatan. Ya, oleh-oleh memang tidak wajib diberikan oleh orang yang baru pulang dari traveling. Namun, tidak ada salahnya jika memang ingin memberikannya kepada orang tersayang.

Memberikan oleh-oleh berarti membuat pengeluaran lebih besar lagi saat liburan. Dengan begitu, Anda pun jadi lebih hati-hati dalam pengeluaran. Hal ini pun akan memicu Anda untuk terus berhati-hati dalam pengeluaran saat liburan selesai.

2. Mau untuk eksplorasi lokasi wisata lebih dalam

Percayalah, niat untuk membawakan oleh-oleh untuk orang tersayang akan buat Anda mendapatkan tempat baru yang kadang belum banyak orang tahu. Jika Anda pergi ke satu kota yang sama berkali-kali, pasti bosan jika membawakan benda atau makanan yang itu-itu saja. Kini saatnya mencoba hal baru.

Beberapa tujuan wisata di Pulau Jawa saja menyimpan rumah-rumah kerajinan dengan kualitas yang tak kalah bagus. Itu baru benda, belum urusannya dengan makanan. Membawakan oleh-oleh makanan khas suatu tempat pastinya Anda harus mencoba dulu makanan tersebut. Jika memang belum pernah mencobanya, Anda akan mendapatkan pengalaman baru lagi, bukan?

3. Orang akan tahu bahwa Anda orang yang peduli

Kadang pertemanan bukan perkara uang atau barang. Namun, jika Anda baru pulang dari liburan dan membawakan sebuah gantungan kunci saja untuk seseorang, rasa senang dari orang yang diberikan itu akan sama dengan kesenangan Anda kala berlibur.

Pasalnya, Anda dianggap ingat dengan orang tersebut dan rela memberikan oleh-oleh, walaupun hanya barang kecil. Bukan tidak mungkin, kebaikan yang Anda tanam akan berbalik suatu saat nanti.

4. Membantu usaha penjual oleh-oleh

Mungkin Anda tidak membeli dalam jumlah yang banyak, tapi itu sudah membantu para penjual untuk melanjutkan bisnis dan hidup mereka. Masih banyak penyedia oleh-oleh di daerah-daerah terpencil dikelola oleh per orangan dengan modal yang seadanya.

Membelinya berarti membantu mereka. Bukan tidak mungkin mereka bisa menyekolahkan anaknya hingga jenjang tertinggi atau membelikan sebuah mainan baru yang buat anak-anak mereka senang. Mungkin kecil untuk Anda, tapi bisa jadi sangat besar untuk para penjual oleh-oleh.

5. Buat Anda semangat untuk traveling lagi


Faktor seseorang melancong bukan hanya karena mencari suasana baru, tapi juga menjadi benda dan makanan baru dari destinasi wisata. Sederhananya saja, jika Anda pergi ke Yogyakarta dan membeli bakpia khas yang sangat enak, pasti akan ada rencana baru, “Bakpia ini enak, besok kalau ke sana lagi beli yang banyak.”

Anda pun pastikan akan merencanakan traveling selanjutnya dan mulai kembali menabung. Tenang, Anda bisa mencari tiket pesawatnya dari Traveloka. Sebagai agent travel online terbesar di Indonesia, Traveloka punya penawaran penarik untuk tiket perjalanan dan booking hotel.

Jangan lupa siapkan koper untuk membawa oleh-oleh yang banyak. Jangan takut untuk kelebihan bagasi. Dengan membeli tiket pesawat di Traveloka, Anda pun bisa memanfaatkan layanan bagasi ekstra untuk membawa semua oleh-oleh Anda ke dalam bagasi pesawat. Nyaman bukan? Jadi, segera pesan tiket pesawat untuk traveling selanjutnya!

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini