nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting Dibaca Wanita, Sering Minum Kopi Bisa Kecilkan Payudara

Adinda Harum, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 11:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 29 481 2010758 penting-dibaca-wanita-sering-minum-kopi-bisa-kecilkan-payudara-0Tu3CS4LsV.jpg Sering minum kopi bisa kecilkan payudara perempuan (Foto:Ist)

KOPI adalah minuman yang digemari jutaan orang di segala kalangan usia. Bahkan Thomas Jefferson menyebut minuman ini sebagai "minuman favorit dari dunia yang beradap”.

Tapi apakah Anda, khususnya wanita, tahu kalau terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat mengecilkan payudara?

Melansir Telegraph, Selasa (29/1/2019) para peneliti dari Swedia mengungkap, kopi memiliki efek aneh bagi tubuh wanita. Terlalu banyak kafein dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh mereka dan para ilmuwan percaya, ini berdampak malapetaka dengan ukuran payudara. Para peneliti juga menemukan, semakin banyak kopi yang diminum wanita, semakin kecil payudara mereka.

Hampir 300 wanita ambil bagian dalam penelitian ini, yang menanyai tentang berapa cangkir kopi yang diminum rata-rata setiap hari dan mengukur ukuran payudara mereka. Menurut hasil yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer, minum tiga cangkir atau lebih sehari sudah cukup untuk mengecilkan ukuran payudara.

Efek dari stimulan naik untuk setiap cangkir yang diminum. Sekitar setengah dari wanita dalam penelitian ini membawa mutasi gen yang tampaknya menghubungkan asupan kopi dan volume payudara, menurut temuan tersebut.

Baca Juga:

Transformasi Gaya Rambut Song Hye Kyo, Mana Paling Cantik?

Penyebab Kematian Pegowes yang Santap Durian Usai Olahraga

"Minum kopi dapat memiliki efek pada ukuran payudara," kata Helena Jernstrom, dari Lund University di Swedia, yang memimpin penelitian. Wanita penggemar kopi tidak perlu khawatir payudaranya akan menyusut.

"Mereka akan menjadi lebih kecil, untungnya payudara tidak akan menghilang," Helena  menambahkan. Wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari memiliki payudara rata-rata 17 persen lebih kecil daripada mereka yang minum kurang dari tiga cangkir sehari. Wanita dengan payudara lebih besar berisiko lebih tinggi, kata para ilmuwan itu.

Tetapi penelitian ini belum dapat menyimpulkan apakah minum kafein dalam jumlah besar setiap hari juga mempengaruhi kepadatan payudara. Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah besar dapat berdampak positif pada kesehatan payudara loh.

Minum kafein secara teratur tampaknya mengurangi risiko kanker payudara di antara para relawan, yang telah dipilih secara khusus dari keluarga-keluarga yang berisiko tinggi menghubungi penyakit tersebut.

Selain itu, para ilmuwan percaya bahwa efek kopi sangat baik dampaknya pada hormon seks wanita dan kopi juga dapat memengaruhi kadar hormon seks pria.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini